567 Calhaj Probolinggo Diberangkatkan dari Miniatur Ka’bah

Probolinggo, NU Online
Wisata Religius Miniatur Ka’bah di Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Jum’at (19/9) dan Sabtu (20/9) siang kembali menjadi lokasi pemberangkatan 567 orang calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Probolinggo tahun 2014.
<>
Pemberangkatan kali ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Saiful Hadi, Rais Syuriyah PCNU Kota Kraksaan KH Munir Kholili, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Busthami dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo

Suasana sekitar Miniatur Ka’bah hingga Wisata Pantai Bentar menjadi semakin ramai dengan kehadiran ribuan pengantar yang sudah memadati lokasi sejak pagi hari. Meskipun demikian, secara umum arus lalu lintas cenderung lancar berkat kesigapan petugas dan kesadaran para pengantar calon haji dalam mematuhi ketentuan yang ada.

Dalam sambutannya Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari menyampaikan ucapan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh calhaj Kabupaten Probolinggo tahun 2014.

”Selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan menjadi haji mabrur. Semoga selamat selama perjalanan, saat menunaikan ibadah haji di tanah suci hingga kembali ke tanah air nanti,” ujarnya.

Usai sambutan Bupati Probolinggo, acara dilanjutkan dengan kumandang Adzan oleh Sekretaris IPHI Kabupaten Probolinggo Mahbub Maliki. Seketika itu suasana menjadi khidmat dengan kekhusyu’an seluruh jamaah dan hadirin mendengarkan kumandang Adzan sebagai pengantar keberangkatan calhaj tersebut.

Setelah Adzan, seluruh calhaj diberangkatkan secara resmi ditandai dengan pengibaran bendera oleh Bupati Probolinggo yang disertai kumandang sholawat hingga seluruh bus yang mengangkut calhaj meninggalkan Miniatur Ka’bah menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Sebelum berkumpul dan diberangkatkan dari Miniatur Ka’bah, para calhaj berangkat dari enam titik pemberangkatan sesuai daerahnya masing-masing. Keenam titik tersebut adalah halaman masjid Ar Rohmah Kecamatan Leces, halaman masjid Ar Royyan Kecamatan Tongas, halaman masjid Sunan Ampel Gending, halaman masjid Baitur Rohmah Maron, halaman Masjid Agung Ar Raudloh Kraksaan dan halaman masjid Baitur Rohman Paiton.

Berdasarkan data terakhir dari Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, jumlah calhaj Kabupaten Probolinggo yang berangkat ke tanah suci sebanyak 567 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) yakni kloter 46 dan kloter 47. Rencananya,para calhaj ini akan kembali ke tanah air pada 29 Oktober 2014 mendatang. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)

BNI Mobile