Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rapimnas II LTMNU Regional Jatim Maksimalkan Peran Masjid

Rapimnas II LTMNU Regional Jatim Maksimalkan Peran Masjid

Malang, NU Online
Ketua Pengurus Pusat Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama KH Abdul Manan A Ghani mendorong pengurus masjid NU untuk meningkatkan pelayanan publik. Pada Rapimas II Regional Jawa Timur, Kiai Manan menegaskan peran masjid yang memiliki banyak dimensi selain layanan peribadatan.
<>
“Masjid yang ada di Indonesia ini 80% dibangun oleh warga NU, tugas kita merawat dan mengembangkan eksistensi masjid sebagai pusat perjuangan,” kata Kiai Manan pada pembukaan Rapimnas II LTMNU di Hotel Gajah Mada, Malang, Sabtu (20/9).

Selain itu, Kiai Manan juga mengingatkan warga NU untuk mempertahankan peribadatan cara Aswaja NU. “Jangan sampai masjid yang dibangun warga NU diisi dengan pengamalan ibadah cara Wahabi,” kata Kiai Manan di hadapan pengurus LTM PCNU seprovinsi Jawa Timur.

Sementara Mufidah Kholil yang diminta berbicara pada forum Rapimnas ini mengingatkan pentingnya posdaya di setiap masjid. Hadirnya posdaya membuka kesempatan bagi masjid untuk melakukan pemberdayaan keagamaan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat sekitar masjid.

“Posdaya yang ada itu akan kami sinergikan dengan lembaga-lembaga terkait agar fungsi masjid tidak terkesan hanya untuk ibadah ritual saja, tapi memperluas layanan masjid demi membina kehidupan masyarakat yang maslahat dunia dan akhirat,” harap Mufidah Kholil. (Misbahus Salam/Alhafiz K)

Posisi Bawah | Youtube NU Online