PWNU DIY Terima Kunjungan Mahasiswi Jerman

PWNU DIY Terima Kunjungan Mahasiswi Jerman

Yogyakarta, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) menerima kunjungan dari Universitas Georg August Goettingen Jerman di gedung PWNU DIY, Jl. MT. Haryono No. 40/42 Yogyakarta pada Senin (23/9) sore.
<>
Rombongan tamu berjumlah 8 orang terdiri dari tujuh mahasiswi dan satu dosen bernama Fritz Schulze. Mereka disambut Wakil Rais Syuriah Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, MA, A’wan PWNU DIY Dr. Fathurrahman, M.S.I dan jajaran PWNU DIY lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sahiron Syamsuddin menjelaskan program-program PWNU dan sikap terhadap organisasi Islam lainnya, seperti Muhammadiyah. “Kami selalu melakukan kerja sama dengan organisasi lainnya dalam masalah sosial. Dalam beberapa aspek NU bergandengan dengan Muhammadiyah,” tegasnya yang juga sebagai Ketua Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Kalijaga.

Mereka sangat antusias bertanya kepada Sahiron Syamsuddin perihal NU. Mulai struktur organisasi, pelajar-pelajar NU, program-program NU hingga tanggapan NU tentang radikalisme. Salah satu mahasiswi Gottingen, Widya, mengatakan, dengan adanya kunjungan itu dirinya jadi tahu tentang NU dan program-programnya. Dia juga baru tahu kalau NU itu ada di Jerman dan beberapa negara lain.  

“Saya juga baru tahu kalau NU juga ada di Jerman, saya kira hanya di Indonesia,” tutur mahasiswi berdarah Indonesia ini.

Di pihak lain, ketua rombongan Universitas Georg August Goettingen Jerman, Fritz Schulze, mengatakan keberadaan NU di Indonesia sangat penting, terutama dalam melahirkan Islam moderat.

“Saya kira NU paling penting di indonesia untuk mendirikan perdamaian antara masyarakat dan termasuk agama yang berbeda. Dan NU bisa menjadi benteng dari radikalisme di Indonesia,” harap Guru Besar Filsafat di Goettingen.

Dengan adanya kunjungan ini Wakil Rais Syuriah berharap, ada kerja sama NU dengan Jerman, terutama dalam bidang pendidikan agar anak-anak muda NU bisa belajar di sana. Dan mahasiswa Jerman semakin banyak yang mengenal NU. (Suhendra/Abdullah Alawi)

BNI Mobile