Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PMII UNHASY

Mapaba Ke-27 Peserta Ditekankan Soal Perubahan Pola Pikir

Mapaba Ke-27 Peserta Ditekankan Soal Perubahan Pola Pikir

Jombang, NU Online
Aliansi Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Jawa Timur menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba), Rabu pada (1/10). Kegiatan berlangsung di Aula Graha Gus Dur, Denanyar, Jombang ini merupakan yang ke-27 sejak organisasi itu didirikan di kampus tersebut.
<>
Ketua Majelis Pembina PMII Hasyim Asy’ari Sadat Al Mahiri berharap peserta Mapaba bisa memahami pola pikir yang seharusnya dimiliki seorang mahasiswa. Sehingga tujuan PMII mencetak anggota dan kadernya menjadi insan ulul albab bisa mudah dicapai.

“Langkah awal yang harus dibangun kerangka berpikir mereka, supaya karakter aktivis bisa lebih mudah dijiwainya,” katanya pada Mapaba bertema “Revolusi Mindset Mahasiswa ke Arah jiwa Pergerakan”.

Menurut Sadat, panggilan akrab aktivis salah satu LSM di Jombang ini, para peserta seharusnya tidak sekadar mengikuti kegiatan, tapi tahu substansi dan tujuan kegiatan. “Sahabat-sahabat harus mengetahui bahwa dalam kegiatan ini ada target yang harus dicapai, yaitu mengubah cara berpikir siswa ke mahasiswa,” jelasnya di depan peserta saat mengisi stadium general.

Ada lima hal yang akan diberikan dan dikenalkan PMII kepada peserta, lanjut Sadat. Diantaranya penguatan intelektual, profesionalitas, pengenalan PMII sebagai salah satu gerakan ekstra parlementer, penanaman nilai budayawan transformatif, dan pembekalan skil agamawan muda.

“Apabila sahabat-sahabat mengikuti perosesnya dengan baik, tentu semua itu akan diperoleh dengan sempurna, baik selama disini maupun setelah resmi menjadi anggota PMII,” pungkas politisi berambut gondrong ini.

Senada dengan pembinanya, Misrum Mathury ketua panitia pelaksana mengungkapkan bahwa peserta diharapkan tidak hanya merubah pola pikirnya. Tapi di kampus maupun di lingkungannya juga mampu menerapkan nilai-nilai yang diperoleh dari PMII. “Kami menginginkan setelah dari sini, ketika peserta kembali ke kampus bisa mempunyai jiwa keaktivisan serta mampu memberikan kontribusi terutama pada perubahan di kampus,” ungkapnya saat ditemui si ruang sekretariat panitia.

Kegiatan yang direncanakan selama empat hari ini bertema tersebut diikuti 116 peserta. Peserta putri lebih banyak dibanding peserta putra. Peserta dari Jawa Timur lebih mendominasi daripada peserta dari daerah lain, seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa Barat maupun Jawa Tengah.

Kriteria peserta dibatasi, Mapaba ini hanya untuk mahasiswa semester lima kebawah. “Paling banyak mahasiswa semester satu, terus tiga dan hanya dua orang dari semester lima,” tutur Misrum panggilan sehari-hari ketua panitia. (Romza/Abdullah Alawi)

BNI Mobile