IMG-LOGO
Daerah

LTNNU DIY Ajak Pemuda di Bantul Teladani Perjuangan Mbah Hasyim

Selasa 14 Oktober 2014 15:04 WIB
LTNNU DIY Ajak Pemuda di Bantul Teladani Perjuangan Mbah Hasyim

Bantul, NU Online
Pengurus Lajnah Ta’lif wan Nasyr NU DI Yogyakarta Muhammadun AS, mengajak pemuda Nahdlatul Tilmiid untuk menegok kembali perlawanan KH Hasyim Asyari terhadap kolonial Belanda. Di Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Ahad (12/10), Muhammadun mengingatkan bagaimana anak muda saat itu seperti Kiai Hasyim dan rekan sebayanya mengukir sejarah.
<>
"Di jaman dulu para kiai kita sudah keren. Umur mereka saat itu sama dengan usia kalian saat ini, masih sangat muda malah," kata Muhammadun yang kini diamanahkan sebagai Pemred Majalah Bangkit PWNU DIY ini.

Di hadapan tujuh pemuda Nahdlatul Tilmiid ini, ia menceritakan pengaruh KH Hasyim Asy'ari muda. Ia mengawali ceritanya pada saat KH Hasyim mendirikan pesantren di depan pabrik cukir, berlanjut ke detik-detik kemerdekaan.

"Pertanyaanya, apakah nama kita juga akan ditulis pada papan tulis seperti nama para tokoh kiai kita malam ini? Mbah Hasyim, nama yang tak pernah kalah dengan waktu dari abad 19 sampai abad ke 21 ini," Muhammadun menutup ceritanya dengan pertanyaan menohok. (Ahmad Syaefudin/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG