IMG-LOGO
Daerah

IPNU-IPPNU Grobogan Rekrut Anggota Baru di Pesantren

Senin 20 Oktober 2014 11:02 WIB
IPNU-IPPNU Grobogan Rekrut Anggota Baru di Pesantren

Grobogan, NU Online
Suasana aula Pesantren Assalam Kradenan Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (17/10) lalu, berbeda dari hari biasanya. Sesekali terdengar nyaring Mars IPNU-IPPNU. Para santri rupanya tengah mengikuti masa kesetiaan anggota (Makesta) yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Grobogan.
<>
Tak kurang seratus santri dari pesantren, SMP Islam dan MA Assalam penuh khidmat mengikuti kaderisasi untuk anggota baru ini. Bukan hanya dari Assalam, santri dari beberapa pesantren di sekitar wilayah Kradenan juga berpartisipasi.

Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua IPNU cabang Grobogan, M. Isna. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan Makesta ini merupakan langkah awal para pelajar mengenal tentang NU.

“Kita mengajak rekan-rekanita memasuki pintu gerbang Nahdlatul Ulama. Kalau mau masuk rumah, kan harus tahu pintunya. Seringkali banyak yang mengaku kader NU tapi tidak tahu apa itu NU. Itulah alasan mengapa kegiatan ini harus digelar,” jelas M Isna.

Lima tema besar didiskusikan, antara lain geneologi IPNU-IPPNU, kepemimpinan, Aswaja, ke-NU-an, dan keorganisasian. Kelimanya didiskusikan selama hampir lima jam. Siswa pun tampak antusias dengan materi-materi tersebut.

“Akhirnya sedikit banyak saya memahami sejarah NU dan apa itu ahlu sunnah wal jamaah,” tutur Tiyo Adi, salah satu peserta.

Siswa kelas XI MA Assalam Kradenan itu juga menambahkan, kegiatan-kegiatan semacam ini memang selayaknya diadakan. Tujuannya, agar anak-anak muda NU memahami apa itu NU. “Masak ngaku orang NU tapi ndak tahu apa itu NU. Kan yo lucu,” tambahnya

Puncak kegiatan ini adalah pemilihan ketua Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kradenan, Grobogan. Mansata Indah Khorulli terpilih sebagai ketua IPNU, sementara Shofiatun Naimah sebagai ketua IPPNU. Keduanya akan memimpin kader-kader muda NU di wilayah kecamatan Kradenan selama dua tahun ke depan. (Abdullah Hanif/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG