IMG-LOGO
Daerah

Latih Disiplin, Ajari Anak Tata Sepatunya


Ahad 26 Oktober 2014 14:01 WIB
Bagikan:
Latih Disiplin, Ajari Anak Tata Sepatunya

Probolinggo, NU Online
Banyak cara yang dilakukan lembaga pendidikan untuk menerapkan disiplin kepada peserta didiknya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Jannah 2 Desa Sumperpoh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.
<>
“Penerapan disiplin merupakan salah satu bagian dri rencana pengembangan madrasah dari tahun 2014-2015. Untuk melakukan penerapan disiplin ini, kami memulai dari hal-hal yang dianggap remeh oleh masyarakat,” ungkap Kepala MI Raudlatul Jannah, Sumiati, Jum’at (24/10).

Suami mencontohkan salah satunya dengan menata sepatu saat melaksanakan shalat berjamaah. Cara ini dilakukan seperti siswa melepas sepatu dengan jalan mundur. Sehingga posisi sepatu menghadap keluar musholla. “Saat selesai shalat, siswa bisa langsung menggunakan sepatunya dengan cepat tanpa harus mencari-cari lagi,” ujarnya.

Jika ada yang melanggar disiplin, jelas siswa-siswa yang lain akan mencari tahu siapa yang melanggar. Karena akan menyulitkan siswa yang lain saat akan memasang sepatunya. Sebab sepatunya tentunya akan tertukar dengan yang lain.

Tidak hanya penerapan disiplin, madrasah ini juga menumbuhkan rasa nasionalisme dalam kegiatan upacara madrasah. Selain itu, tidak lupa setiap Selasa hingga Sabtu, siswanya juga diwajibkan mengikuti shalat Dhuha secara berjamaah.

“Semua ini kami lakukan dalam membentuk akhlak dan karakter anak didik. Sehingga begitu keluar dari madrasah  mereka benar-benar menjadi anak yang disiplin dan berakhlakul karimah,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG