IMG-LOGO
Daerah

TPQ Korban Lumpur Lapindo Butuh Perhatian


Jumat 7 November 2014 09:00 WIB
Bagikan:
TPQ Korban Lumpur Lapindo Butuh Perhatian

Jakarta, NU Online
Peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak 29 Mei 2006, membawa dampak buruk bagi masyarakat setempat, termasuk dalam hal pendidikan.
<>
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) atau madrasah diniyah yang dulu eksis akhirnya tersingkir dan mesti merintis kembali. “Sekarang TPQ menyebar tak karuan entah kemana. Banyak sekali yang butuh perhatian,” kata mantan Ketua Forum Komunikasi Kepala TPQ (FKK TPQ) Kecamatan Porong Abdul Kirom via telepon, Kamis(6/11).

Kondisi ini diamini Ustadz Mustofa, salah satu kepala TPQ di RT 08/RW 03 Dukuh Bringin, Desa Pamotan, Kecamatan Porong, yang tergusur lumpur pada 2013 lalu. Mushala yang ia tempati masuk daerah terdampak, dan kini ia merintis kembali berdirinya TPQ di daerah baru hasil bedol desa di Kecamatan Porong.

Mustofa mengaku tak mudah menghidupkan kembali TPQ yang telah hilang. Selain jumlah santri yang kian surut, persoalan administrasi lokasi baru juga menjadi kendala. “Tanah di sini kan hasil bedol desa. Jadi statusnya belum jelas. Kalau mau minta bantuan ke pemerintah juga sulit,” ujarya.

Abdul Kirom mengisahkan, saat masa-masa awal banjir lumpur panas, pihaknya prihatin dengan kondisi di pengungsian yang sama sekali tak ada aktivitas mengaji sore bagi anak-anak, pemandangan yang dulu selalu ia saksikan. Dari sini, FKK TPQ mengorganisasi ustadz korban lumpur Lapindo untuk mengembalikan suasana mengaji.

Pihaknya berharap pemerintah proaktif dalam mengupayakan aktifnya kembali pendidikan TPQ. Meski sebagian masyarakat mendapat ganti rugi semestinya, tapi mayoritas masyarakat kehilangan mata pencahariannya. Kesulitan ekonomi mempengaruhi semangat mereka dalam hal pendidikan agama anak-anaknya. (Mahbib Khoiron)



Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG