IMG-LOGO
Daerah

Haul Ki Agung Tirto Grobogan Ramai Peziarah

Kamis 1 Januari 2015 08:05 WIB
Haul Ki Agung Tirto Grobogan Ramai Peziarah


Rembang, NU Online
Ribuan peziarah dari berbagai daerah memadati  makam Ki Ageng Tirto di Dusun Tambak, Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, Grobogan Jawa Tengah, Selasa (30/12). Mereka menggelar kegiatan dalam rangka Haul ke-21 Ki Ageng Tirto, para peziarah melantunkan tahlil, dzikir, serta ayat Al Qur'an sebanyak tujuh juz dengan khusuk di area makam.
<>
Salah satu peziarah asal Rembang, Ngasimen menuturkan peziarah haul tahun ini meningkat drastis dibanding haul sebelum-sebelumnya. Rombongan peziarah dari wilayah Grobogan dan daerah sekitar mencapai 200 rombongan. Padahal tahun sebelumnya kurang dari 100 rombongan yang datang mengendarai bus, mobil pribadi, maupun sepeda motor.

"Setiap tahun saya bersama jamaah Masjid Al Islah Kragan, datang ke makam ini untuk mengikuti haul Syeh Abdurrahman," katanya, kemarin.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wirosari Nur Akhsan mengatakan, kegiatan tahunan ini telah berlangsung sejak puluhan tahun silam. Acara haul yang berlangsung selama lima hari (26-30/12) itu berjalan tertib, lancar dan khidmad. Para peziarah yang datang dari Grobogan, Blora, Rembang, dan daerah lain tiba di makam sejak Jumat (26/12) pagi.

"Kami mendukung kegiatan tahunan ini. Karena acara untuk mendoakan dan meneladani perilaku dan perjuangan beliau dalam menyebarkan Islam, acara haul Ki Ageng Tirto berisi kegiatan positif. Antara lain dzikir, tahlil, serta membaca ayat Al-Quran," terangnya.

Ia menjelaskan, Ki Ageng Tirto yang memiliki nama asli Syaikh Abdurrahman merupakan tokoh penyebar Islam di wilayah Grobogan dan sekitarnya. Masyarakat Wirosari mempercayai, Syeh Abdurrahman sebagai penemu air di wilayah tersebut sehingga masyarakat menyebutnya Ki Ageng Tirto  yang berarti air. (Moh. Lilik Wijanarko/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG