IMG-LOGO
Daerah

Semarak Pelepasan 89 Balon dan Apel di Harlah NU

Senin 2 Februari 2015 11:5 WIB
Bagikan:
Semarak Pelepasan 89 Balon dan Apel di Harlah NU

Bojonegoro, NU Online
Hari lahir (Harlah) ke-89 NU yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2015 tak hanya diperingati warga NU di tingkat kepengurusan. Para pelajar NU di madrasah-madrasah juga tak mau ketinggalan dengan semarak acara tahunan ini.
<>
Seperti yang terjadi di Madrasah Aliyah Abu Darrin Sumbertlaseh, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Ratusan siswa Sabtu (31/1) memperingati Harlah NU bersamaan dengan upacara bendera rutin di sekolah setempat. Dalam kesempatan ini, sejumlah kegiatan khusus digelar dalam rangka memeriahkan usia NU menjelang satu abad itu.

Tiga petugas dari kalangan pelajar membawa bendera merah putih bersandingan dengan bendera Nahdlatul Ulama, juga foto Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari. Aksi sebagai simbol keutuhan NKRI tidak lepas dari peran perjuangan para ulama.

Suasana upacara menjadi hening saat para peserta mendengarkan pembacaan sejarah proses berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama. Kesunyian pecah menjadi riuh tepuk tangan setelah 89 balon dilepas ke udara. Balon-balon tersebut menggantungkan spanduk bertuliskan “Selamat Harlah NU ke-89” diiringi dengan suara letusan petasan sebanyak 89 kali. Meskipun gerimis, upacara dan harlah NU berjalan lancar.

Peringatan Harlah ke-89 NU ini ke-89 dalam rangkaian upacara bendera ini dimotori OSIS setempat dan Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU MA dan MTs Abu Darrin. Bertindak sebagai pembina upacara HM Masluchan Sholih, kepala MA Abu Darrin.

Dalam amanat upacara, Masluchan berpesan tentang pentingnya generasi muda untuk mengetahui dan mengingat peran NU, ormas yang didirikan oleh para Ulama. Hal ini sebagai bentuk upaya untuk membentengi Indonesia dari paham-paham yang mengancam. (Sholihin/Mahbib)

Bagikan:
Senin 2 Februari 2015 22:3 WIB
Kepanduan Pelajar NU Banjarnegara Berlatih Gerakan Lalu Lintas
Kepanduan Pelajar NU Banjarnegara Berlatih Gerakan Lalu Lintas

Jakarta, NU Online
Pimpinan IPNU dan IPPNU Banjarnegara mengadakan kegiatan Latihan 12 Gerakan Lalu Lintas di Dermaga Wisata Waduk Mrican, Banjarnegara, Ahad (1/2). Pelatihan ini merupakan tindak lanjut bagi 36 alumni Diklatama CBP-KPP (kepanduan pelajar NU) Desember lalu.
<>
Hadir pada kegiatan tersebut Ketua IPNU Banjarnegara Mad Solihin, Pengurus DKC CBP Banjarnegara, dan rekan Muqodar selaku pembina dan anggota Banser yang hadir sebagai pemateri.

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang rencananya digelar pada pekan pertama setiap bulan. Kegiatan ini bertujuan mengawal dan memfasilitasi para anggota Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) Banjarnegara.

Untuk pelatihan bulan depan, IPNU dan IPPNU mempersiapkan materi SAR dan Penanganan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

“Harapannya ke depan mereka sudah mempunyai bekal ketika sewaktu-waktu mendapat tugas terjun di lapangan mengingat Banjarnegara merupakan daerah rawan bencana,” kata Mad Solihin. (Red Alhafiz K)

Senin 2 Februari 2015 21:3 WIB
MWCNU Palasah Serahkan Hadiah Musabaqah di Harlah ke-89 NU
MWCNU Palasah Serahkan Hadiah Musabaqah di Harlah ke-89 NU

Majalengka, NU Online
Ratusan nahdliyin Palasah yang menghadiri harlah ke-89 NU, menyaksikan penyerahan hadiah perlombaan Barzanjian dan sholawatan sepekan lalu kepada para pemenang. Mereka lalu menyaksikan pelantikan ranting NU sekecamatan Palasah di Balai Desa Cisambeng, Palasah, Majalengka, Ahad (1/2).
<>
Ketua MWCNU Palasah Kiai Eros Suryadiningrat mengatakan, acara puncak peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, Harlah NU, pelantinkan pengurus ranting NU sekecamatan Palasah, pelantikan pengurus Muslimat dan Fatayat Palasah.

Menurut Kiai Eros, orang NU harus bangkit dan percaya diri pada tampilan juga labelisasi NU. Karena, NU adalah organisasi resmi yang diakui keberadaanya sejak lama oleh Pemerintah RI  bahkan dunia.

Sementara Ketua PCNU Majalengka KH Harun Bajuri menyatakan apresiasinya atas semangat ke-NUan warga Palasah. Ia berharap nahdliyin Palasah senantiasa istiqomah mensyiarkan NU di tengah warga.

“Kegiatan yang memasyarakat secara tidak langsung sudah meng-NU-kan warga Palasah,” kata Kiai Harun.

Sementara itu Rais Syuriyah MWCNU Palasah KH E Hasyim melantik pengurus ranting semua desa yang ada di wilayah kecamatan Palasah. Pelantikan ini dihadiri antara lain Kabag Kesra Majalengka, Camat Palasah Andik Sujarwo, dan unsur muspika lainnya. (Aris Prayuda/Alhafiz K)

Senin 2 Februari 2015 20:3 WIB
30 Pengusaha NU di Sleman Sepakat Bentuk HIPSI
30 Pengusaha NU di Sleman Sepakat Bentuk HIPSI

Sleman, NU Online
Kepengurusan organisasi pengusaha NU di Sleman, resmi dibentuk di kantor PCNU Sleman jalan Radjiman nomor 13 Pangukan, Tridadi, Sleman, Ahad (1/2). Pada acara sosialisasi dan pembentukan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI), sedikitnya 30 pengusaha NU mengamanahkan pimpinan HIPSI kepada Muhammad Fathoni.
<>
“Inisiasi untuk mengumpulkan para saudagar di wilayah Sleman ini sebenarnya sudah lama, namun baru terbentuk sekarang. Alhamdulillah ini menjadi momentum penting bagi kami untuk lebih optimal berkiprah memajukan ekonomi NU,” tegas Fathoni.

Ia menambahkan, sumbangsih para pengusaha sangat berguna bagi kemajuan khususnya warga NU di Sleman. “Karena HIPSI baru terbentuk, saya ingin melakukan konsolidasi dulu dengan mencari anggota sebanyak-banyaknya. Kita intensifkan komunikasi, saling berinteraksi, membuka jaringan, sehingga bisa saling bermitra, saling menguatkan dan saling membesarkan,” tambah pengusaha rental mobil Alif Group itu.

Ketua HIPSI Yogyakarta Ahmad Bukhori menuturkan, santri harus menjadi pengusaha profesional. Sebab, pesantren sejak dulu telah mengajarkan kedisiplinan, kejujuran, kemandirian, tanggung jawab yang kesemuanya itu menjadi dasar-dasar kewirausahaan. Dengan dibentuknya HIPSI, Bukhori berharap itu menjadi embrio awal untuk mencetak kader-kader NU menjadi pengusaha.

“Sleman adalah pasar potensial bagi pengusaha. Menjadi pengusaha tidaklah harus terampil, tetapi harus mampu membaca peluang pasar yang biasanya peluang-peluang itu tidak banyak diperhitungkan oleh banyak orang,” pungkasnya.

Hadir pada pembentukan HIPSI Ketua PCNU Sleman KH Nurjamil Dimyati, Pengurus RMI Yogyakarta, dan tamu undangan lainnya. (Joko Wahyono/Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG