IMG-LOGO
Daerah

Bupati Sijunjung Ajak NU Bergandeng Tangan

Sabtu 7 Februari 2015 22:23 WIB
Bupati Sijunjung Ajak NU Bergandeng Tangan

Sijunjung, NU Online
Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, berhasil memilih Afrizal sebagai Rais Syuriyah dan Buya Bustamam Habib sebagai Ketua Tanfiziyah Pengurus Cabang NU (PCNU) Kabupaten Sijunjung masa khidmah 2015-2020.
<>
Konnfercab berlangsung  Kamis (05/2/2015), di Aula Kementrian Agama Kabupaten Sijunjung dan dihadiri 55 orang yang terdiri dari 5 orang utusan dari tiap Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) di delapan kecamatan,  badan otonom NU seperti IPNU, IPPNU, GP Ansor, dan Fatayat. Juga hadir kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sijunjung.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, yang membuka Konfercab mengajak NU sebagai organisasi terbesar di Indonesia untuk bergandengan tangan dengan pemerintah dalam membangun Kabupaten Sijunjung, baik terkait dengan pembangunan desa, tatanan sosial yang damai, terutama tatanan keagamaan.

Ketua terpilih Bustamam Habib yang juga mantan Ketua Umum PMII Cabang Padang di era 1990-an, menyampaikan, Nahdlatul Ulama adalah organisasi Islam organisasi dengan pengikut mayoritas di Indonesia. Sudah seyogianya NU terlibat dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Dalam kehidupan masyarakat, kita harus jaga ukhuwah islamiyah (persaudaraan Islam), ukhuwah basyariah (persaudaraan sesama manusia), dan ukhuwah wathaniah (persaudaraan sesama bangsa). Mari bersama-sama kita bangun Sijunjung dengan cara saling menggandeng, membahu antara Ulama, pemeritahan, dan masyarakat,” ujarnya.

Pemilihan Ketua Tanfidziyah berlangsung  dengan cara musyawarah mufakat oleh 11 anggota tim formatur yang dipilih oleh anggota sidang Konfercab NU Kabupaten Sijunjung. Tim formatur ini terdiri dari 8 orang  utusan dari MWCNU,  1 utusan generasi muda NU dari badan otonom-badan otonom NU,  1 pengurus lama NU Sijunjung, dan 1 dari kalangan ulama utusan Kemenag Sijunjung.

Formatur menetapkan Afrizal sebagai Rais Syuriyah dan Bustamam Habib sebagai Ketua Tanfiziyah setelah dimusyawarahkan. Formatur mengemukakan beberapa nama sebagai ketua Tanfiziyah yaitu Bustamam Habib,  Syafruddin, Mukhlis,  M. Nasir dan  Herianto. Ditetapkan Bustamam Habib sebagai ketua Tanfiziyah dan empat orang yang lainnya sebagai wakil ketua Tanfiziyah. (Armaidi Tanjung/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG