Pihak Keluarga Luruskan Perihal Foto Penulis Simtutdurar

Pihak Keluarga Luruskan Perihal Foto Penulis Simtutdurar

Solo, NU Online
Beberapa gambar dan foto ulama terpajang di salah satu stan yang didirikan di sekitar kompleks Masjid Riyadh lokasi acara peringatan haul Habib Ali Al-Habsyi, belum lama ini (11/2). Tak ketinggalan, foto yang dianggap sebagai gambar wajah Habib Ali.
<>
Namun, ternyata banyak orang, termasuk pedagang poster, yang belum mengetahui bahwa foto yang dipajang tersebut ternyata bukan foto asli Habib Ali. Pihak keluarga Habib Ali Al-Habsyi di Solo, memberikan klarifikasi atas hal ini.

“Foto Habib Ali yang sudah banyak beredar, bukanlah foto Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, penulis Simtuddurar,” terang salah satu cicit Habib Ali, Habib Muhammad bin Husein Al-Habsyi kepada NU Online, Jumat (13/2).

Lebih lanjut dijelaskan Habib Muhammad, pihak keluarga menyatakan belum pernah menemukan foto Habib Ali. “Kalau tidak salah, foto tersebut, beliau seorang ulama yang bernama Syech Ali Al Khubaisyi. Kalau ditulis dengan bahasa Arab hampir sama dengan Ali Al Habsyi,” ujar pengasuh Majelis ‘Bismillah’ MWCNU Pasarkliwon itu

Di Indonesia, Habib Ali Al-Habsyi yang berasal dari Hadramaut (Yaman) ini lebih dikenal masyarakat sebagai muallif kitab Maulid Simtuddurar. Kitab maulid beliau banyak dibaca di berbagai penjuru Nusantara ini.

Habib Ali, wafat pada tanggal 20 Rabi’ul Akhir 1333 H/1915 M. Jenazahnya dikebumikan di sebelah Barat Masjid Riyadh Hadramaut. Salah satu puteranya, yakni Habib Alwi, hijrah ke Indonesia untuk berdakwah dan mendirikan Masjid Riyadh, yang terletak di pinggir Jl Kapten Mulyadi Pasar Kliwon Solo. (Ajie Najmuddin/Mahbib)

Foto: Foto yang dianggap gambar wajah Habib Ali Al-Habsyi padahal bukan

BNI Mobile