IMG-LOGO
Daerah

Sosialisasi Aswaja, Mahasiswa UIJ Turun ke 22 Desa


Rabu 11 Maret 2015 20:03 WIB
Bagikan:
Sosialisasi Aswaja, Mahasiswa UIJ Turun ke 22 Desa

Jember, NU Online
Sebanyak 350 mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ) sejak Selasa (10/3) diterjunkan ke 22 desa untuk melakukan kuliah kerja nyata (KKN). Dua puluh dua desa itu meliputi Kecamatan Mayang, Arjasa, Ambulu dan Sumberbaru. Mereka akan melakukan pemberdayaan warga desa setempat lebih pada aspek keaswajaan.
<>
Mereka berasal dari Fakultas Pendidikan Agama Islam (FPAI), FKIP, Fisip, Fakultas Hukum dan Faperta. "Mereka akan melakukan pengabdian masyarakat selama 2 bulan ke depan," ujar Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat UIJ Muhammad Juhan kepada NU Online di kampus UIJ, Selasa (10/3).

Juhan menambahkan,  penekanan KKN kali ini adalah sosialisasi ajaran Aswaja di tengah masyarakat. Sebab, tidak semua warga nahdliyyin paham doktrin Aswaja, sehingga perlu sosialisasi yang lebih intensif.

Di sisi lain, KKN tersebut bagi mahasiswa bisa berfungsi sebagai ajang praktik penerapan Aswaja. "Karena Aswaja merupakan mata kuliah pokok bagi mahasiswa semua fakultas, maka ada penekanan khusus dalam program KKN," jelasnya.

Selain itu, lanjut Juhan, peserta KKN sebagaimana biasa juga ikut membantu tertib administrasi di tempat mereka melakukan KKN, termasuk juga melakukan advokasi terhadap berbagai persoalan di tengah-tengah masyarakat.

"Intinya adalah pengabdian," sambil meminta agar peserta KKN dapat menjaga nama baik lembaga. (Aryudi A Razaq/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG