IMG-LOGO
Daerah

Sekertaris PWNU Jatim Raih Gelar Guru Besar

Kamis 12 Maret 2015 7:1 WIB
Bagikan:
Sekertaris PWNU Jatim Raih Gelar Guru Besar

Surabaya, NU Online
Tepat satu pekan setelah pengukuhan Wakil Ketua PWNU Jatim H Ali Mas’ud sebagai guru besar, kali ini giliran Sekretaris PWNU Jatim Akh Muzakki dikukuhkan menjadi guru besar di UIN Sunan Ampel Surabaya pada Rabu (11/03) pagi.
<>
Akh Muzakki diangkat sebagai guru besar di bidang sosiologi pendidikan. Dalam prosesi pengukuhan, ia berorasi dengan mengambil tema “Instrumentasi Nilai dalam Pembelajaran Prespektif Sosiologi Pendidikan Karakter”.

“Karakter itu adalah hulu, bukan hilir, maka dari itu tugas pendidikan harus fokus pada huluisasi nilai karakter bukan hilirisasi,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Alumnus Australian National University (ANU) itu mengatakan, pentingnya instrumentasi nilai sebagai tahapan dan langkah strategis dalam proses panjang agar nilai bisa segera dipahami, dicerna, dan dipraktikkan oleh peserta didik.

Selain instrumentasi itu, bapak dua anak itu menyebutkan nilai itu juga harus menggunakan media populer yang dalam literatur sering disebut “kode keluhuran”. Namun, media populer itu juga bisa diturunkan melalui lagu-lagu.

“Misalnya, anak diajari nilai-nilai Aswaja melalui nyanyian, seperti selawatan ala Habib Syech yang menyebut Aswaja iku qunut subuh, Aswaja iku adzan loro, Aswaja itu tahlilan saban Jumat,” ungkapnya.

Sebenarnya, surat keputusan guru besar sudah keluar pada Oktober 2014. Saat itu, Muzakki berusia 40 tahun, tapi pengukuhan menunggu waktu dari rektor. “Tidak mudah menjadi guru besar itu, karena saya butuh tiga tahun untuk bisa menjadi guru besar ke-49 di UINSA,” katanya saat ditemui NU Online.

Yang menarik dari pengukuhan ini, Muzakki memberikan kenang-kenangan kepada para undangan berupa buku. Buku itu adalah naskah orasi ilmiahnya yang dengan sengaja diterbitkan oleh salah satu penerbit di Surabaya.

Dalam buku itu Muzakki menyajikan tulisan dengan gaya populer karena ia sering kali menulis artikel di media massa. Pada kata pengantar orasi ilmiahnya, dia memberi judul Menuju Guru Besar, The Academic Roller Coaster. Di dalamnya Mantan Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim ini, menceritakan kehidupannya yang penuh dengan lika-liku selama berposes akademisi saat studinya di Australia dan terjalnya mengurus gelar profesor.

Acara pengukuhan itu juga dihadiri oleh Sekjend Kementerian Agama RI Prof Dr Nur Syam, Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim Prof H Ali Machsan Musa, Ketua PWNU Jatim KH M Hasan Mutawakkil Alallah beserta jajaran pengurus tanfidziyah PWNU Jatim. Terlihat pula Konjen Amerika Serikat dan H Abdul Halim Iskandar, Ketua DPRD Jatim. (Rofi’i Boenawi/Mahbib)

Foto: Akh Muzakki (kanan) bersama Rektor UIN SA Abd A'la

Bagikan:
Kamis 12 Maret 2015 21:1 WIB
Fatayat NU NTB Bina Ekonomi Kreatif Warga
Fatayat NU NTB Bina Ekonomi Kreatif Warga

Mataram, NU Online
Pimpinan Wilayah Fatayat NU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membina ekonomi kreatif di beberapa daerah kabupaten dan kota di pulau Lombok. Di Lombok Tengah misalnya dilakukan pembinaan kepada warga pengrajin anyaman.
<>
Menurut Ketua PW Fatayat NU NTB Hj Warti’ah, pembinaan tersebut sesuai dengan dengan potensi alam dan lingkungan setempat. Pembinaan di kabupaten Lombok Barat berbeda dengan Lombok Tengah. 

“Kalau di Lombok Barat kami membina asesories-asesories wanita berupa bros, anting, kalung dan kebutuhan-kebutuhan wanita lainnya,” terangnya kepada NU Online di Mataram (12/3).

Di Lombok Timur melakukan pembinaan kreatif pada usaha (produksi) roti dan kue. Sementara di Lombok Utara membina pembuat. “Sampai saat ini usaha-usaha tersebut masih berjalan setelah sebelumnya kami buatkan pelatihan dulu,” ungkapnya. 

Mantan ketua KOPRI PMII Kota Mataram ini yakin hal itu akan tetap berjalan lantaran produk mereka memiliki saluran dan ada petuga khusus mengkoordinasinya. “Kami punya lembaga yang sudah berbadan hukum khusus bertugas mengkoordinasi binaan-binaan tersebut.” 

Lembaga tersebut, tambah dia, berupa koperasi induk bernama Serba Usaha Yasmin Fatayat NU yang berkantor di samping Asrma Putra Yayasan Nurul Islam Mataram. 

Untuk mengembangkan program ini, lanjut ketua Komisi V DPRD NTB, ke depan Fatayat akan menggandeng pesantren-pesantren NU.

Ia juga menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat. “Nanti tanggal 21 April insya Allah akan diadakan jalan sehat Fatayat diikuti langsung oleh Dra. Hj Ermalena, selaku Anggota DPR RI dapil NTB,” tutupnya. (Hadi/Abdullah)

Kamis 12 Maret 2015 19:2 WIB
Madrasah di Pucuk Gunung dengan Ragam Prestasi
Madrasah di Pucuk Gunung dengan Ragam Prestasi

Brebes, NU Online 
Kendati berada di puncak gunung, namun MTs Negeri Bangbayang Kecamatan Bantarkawung mampu menorehkan prestasi gemilang. Terbukti di ajang Pekan Olah Raga Daerah (POPDA) bisa mewakili Kecamatan Bantarkawung di tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 
<>
“Kami ingin menunjukan pada masyarakat, kalau di pucuk gunung pun bisa mengukir prestasi,” kata Kepala MTs Negeri Bangbayang Bantarkawung Brebes Drs Moh Suaedi MPd saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/3).

Suaedi menjelaskan, berbagai ikhtiar telah dilakukan untuk bisa mengorbitkan siswa-siswinya di kancah kabupaten. “Mental para siswa perlu kami genjot terus agar bisa berkiprah ditingkat yang lebih tinggi,” tuturnya. 

Secara rutin, kata Suaedi, kegiatan ekstrakurikuler digalakan terus agar hati dan keterampilannya mantap. Dari kegiatan tersebut terbukti menjadi 1 juara bola voli putra tingkat pol Brebes Selatan, juara 1 dan 2 tenis meja tingkat pool Brebes Selatan, juara 1 atletik putra dan putri, lari 100 meter dan tolak peluru serta juara 2 bulutangkis tingkat pool. 

“Juara 1 dan 2, akan dikirim pada POPDA di Brebes pada 18 Maret mendatang,” papar Suaedi yang juga Wakil Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Brebes itu.

Agar bisa mendulang prestasi yang lebih tinggi, lanjutnya, dia mengintensifkan latihan. Yang biasanya latihan hanya dilakukan seminggu sekali, kini anak-anak yang sudah menjadi duta Bantarkawung berlatih 2 sampai 4 kali dalam seminggu.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita mereka bisa terwujud setinggi puncak gunung,” pungkasnya. (wasdiun/abdullah alawi) 

Kamis 12 Maret 2015 18:3 WIB
UNU Kalbar Mulai Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru
UNU Kalbar Mulai Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Jakarta, NU Online
Setelah melakukan penerimaan dosen, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar bersiap-siap membuka pendaftaran mahasiswa. Sebagai langkah awal, pihak UNU Kalbar mengadakan kunjungan sosialisasi ke Kemenag Kalbar untuk diteruskan ke madrasah-madrasah aliyah.
<>
"Kita baru saja diterima oleh Kepala Kanwil Kemenag Syahrul Yadi. Kita mengharapkan UNU Kalbar bisa tersosialisasi lewat jaringan madrasah aliyah di bawah naungan Kemenag Kalbar," kata Rektor UNU Kalbar Dr Agung Hartoyo usai pertemuan di Kantor Kemenag Kalbar, Kamis (12/3).

UNU Kalbar berencana membuka pendaftaran perdana mahasiswa baru pada awal April. Menjelang pembukaan itu, pihak UNU Kalbar akan melakukan sosialisasi dulu. “Sasaran utamanya Kemenag dan Dinas Pendidikan. Karena dua lembaga itu memiliki jaringan sekolah tingkat atas atau sederajat," papar dosen FKIP Untan ini.

Sementara Syahrul Yadi menyambut baik kehadiran UNU. Ia menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan membantu sosialisasi UNU ke seluruh madrasah di Kalbar.

"Setelah sosialisasi ke Kemenag, kita juga berencana audiensi ke Kepala Dinas Pendidikan Kalbar. Cuma, jadwalnya belum ditentukan. Setelah itu, ke lembaga lain dan ke sekolah-sekolah tingkat atas," kata Ketua ISNU Kalbar ini.

Agung didampingi Pembantu Rektor (Purek) II Dr Andi Usman, Purek III Dr Rahmat Syahputra, Dekan Fakultas Teknik Dr Muhammad Rif'at, dan Kepala Biro Administrasi Umum Keuangan dan Kemahasiswaan Rosadi Jamani.

Sementara Rosadi menambahkan, sosialisasi yang terjadwal pada 20 Maret ini akan berlangsung di SMA 2 Sungai Raya.

"Dalam waktu dekat ini, kita berusaha mencari waktu yang pas untuk kesediaan Kepala Dinas Pendidikan Kalbar menerima audiensi pengurus UNU. Mudah-mudahan Pak Kadis punya waktu untuk menerima sosialisasi pengurus UNU," harap Rosadi. (Red Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG