Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Menristek Dikti Ingatkan PTNU soal Komitmen dan Integritas

Menristek Dikti Ingatkan PTNU soal Komitmen dan Integritas

Jakarta, NU Online
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir berpesan kepada para rektor dan pengelola yayasan  perguruan tinggi NU (PTNU) untuk memegang kuat komitmen dan integritas dalam memajukan kampus masing-masing.
<>
"Tanpa kedua hal ini susah kita memenuhi perguruan tinggi yang diharapkan," ujarnya di hadapan sekitar 75 pimpinan PTNU dari berbagai daerah di kantor PBNU, Jakarta, Senin (16/3) malam.

Nasir mengaku sering melakukan pertemuan dengan NU terkait perguruan tinggi. Hingga kini ia belum menerima laporan perkembangan capaian PTNU. Ia juga bertanya tentang kualitas 23 PTNU yang baru berdiri dan kerap didengung-dengungkan.

Menurutnya, kemajuan PTNU mesti memiliki ukuran dan target yang jelas. Hal itu terkait misalnya, mutu program studi, jumlah dosen, kelayakan sumber daya manusia, infrastruktur, dan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Pusat Lajnah Perguruan Tinggi NU (LPTNU) H Noor Achmad mengatakan, kebijakan-kebijakan Kemenristek Dikti belakangan menciptakan kesulitan-kesulitan di pihak PTNU, bahkan cenderung mengancam eksistensi khususnya perguruan tinggi swasta.

Hal yang senada juga diungkapkan Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Masykuri Bakri dan Rektor Universitas Islam Nusantara Bandung Didin Wahidin. Bagi Masykuri, persyaratan-persyaratan yang ditetapkan Kemenristek Dikti seperti soal akreditasi, dosen, dan administrasi lainnya cukup menjerat.

"Menurut saya kebijakan sekarang itu  berbasis sanksi, bukan kebijakan berbaisis mengajak, mengayomi, membantu," tambah Didin. (Mahbib)

BNI Mobile