IMG-LOGO
Daerah

Guru SMA Ali Maksum Raih Prestasi Olimpiade Sains Guru di Bantul

Selasa 24 Maret 2015 15:1 WIB
Bagikan:
Guru SMA Ali Maksum Raih Prestasi Olimpiade Sains Guru di Bantul

Bantul, NU Online
SMA Ali Maksum terus meningkatkan diri dengan raihan prestasi. Kalau biasanya siswa yang mendapatkan prestasi, kali ini guru SMA Ali Maksum yang meraih prestasi dalam ajang Olimpiade Sains Guru 2015 se-Kabupaten Bantul, Yogyakarta.<>

Ada empat guru, yakni Yuyun Mardiana, SSi, juara peringkat pertama dalam bidang Matematika; Sutrisno, ST, juara kedua dalam bidang fisika; Priyagung Dhemi Widiakongko, SSi, juara pertama dalam bidang Kimia; dan Hani Susilowati, SPt, MM, juara pertama dalam bidang Biologi.  

Demikian disampaikan H Khoirul Fuad, MSi, Kepala SMA Ali Maksum Yogyakarta. Menurutnya, prestasi ini wujud kesungguhan SMA Ali Maksum yang sedang menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan di Singapura dan Timur Tengah. 

“SMA Ali maksum mendorong para guru untuk tidak sekadar mengajar di kelas, tetapi juga aktif dalam pengembangan mutu diri yang salah satunya mengikuti beberapa lomba dengan tujuan meningkatkan kualitas mutu tenaga pendidik di sekolah SMA Ali Maksum,” tegas Fuad. 

Meningkatnya kualitas guru ini, tambahnya, diharapkan dapat meningkatkan kualitas para siswa yang ada, sekaligus memberi motivasi bagi peserta didik untuk meningkatkan minat belajarnya sehingga bisa berhasil sebagaimana para gurunya.

Penghargaan diserahkan oleh Dikmenof

Para guru ini mendapatkan penghargaan langsung dari Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal (Dikmenof) Bantul, pada Senin (23/3) di Kantor Dikmenof Kabupaten Bantul. Dalam penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Muhammad Ghazali, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Dikmenof Bantul. 

Ghazali menjelaskan, bahwa ini adalah langkah untuk meningkatkan prestasi para guru, karena guru yang berkualitas dan berprestasi bisa memacu semangat siswa untuk lebih meningkatkan kualitasnya.

“Dengan ini, guru akan semakin semangat, kreatif dan kompetitif. Ini akan berdampak sangat baik bagi para siswa,” tegasnya. 

Selanjutnya, para pemenang akan maju ke tingkat provinsi untuk berkompetisi dengan juara-juara lainnya se-DIY. (Madun/Fathoni)

Bagikan:
Selasa 24 Maret 2015 23:1 WIB
Meski Telat, MWCNU Cikatomas Peringati Harlah NU
Meski Telat, MWCNU Cikatomas Peringati Harlah NU

Tasikmalaya, NU Online 
Meski telat beberapa bulan, warga NU masih ada yang memperingati hari lahir organisasi yang didirikan para kiai tersebut. Di antaranya diselenggarakan Majelis Wakil Cabang MWC NU Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.
<>
Kegiatan kerja sama dengan generasi muda NU Cikatomas pada Sabtu dan Ahad 21-22 Maret 2015 tersebut bertajuk “Gebyar Harlah NU 89” yang diisi dengan berbagai lomba. Lomba-lomba tersebut diikuti generasi muda NU dari setiap sekolah dan pesantren di kecamatan tersebut.

Beberapa yang dilombakan yaitu kesenian rebana,pidato tingkat SMP dan SMA, MTQ SMP dan SMA,baca Barzanji  SMP dan SMA,menggambar logo NU. Kemudian dipungkasi dengan tabligh akbar Ketua GP Ansor Cirebon Faris Elhaque Fuad Hasim. Pada tabligh akbar hadir pemerintahan Kecamatan Cikatomas, PCNU dan banom Kabupaten Tasikmalaya  serta Muspida Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua panitia kegiatan tersebut, Lukmanul Hakim menuturkan, acara itu bertujuan untuk menciptakan kader-kader NU yang ahli dalam bidang yang dilombakan. Penciptaan kader itu nantinya menjadi garapan PAC  IPNU Cikatomas untuk terus.

Sementara itu Ketua MWC NU Kecamatan Cikatomas, Kang Pepen mengatakan, kegiatan tersebut seharusnya dilaksanakan pada 31 Januari. “Kita jangan melihat itu, tapi kita bangkitkan semangat NU semangat 1926 dan bisa memberikan semangat perjungan kiai NU pada generasi muda khususnya.” (Husni Mubarok/Abdullah Alawi)

Selasa 24 Maret 2015 22:1 WIB
LPBINU Banyumas Gelar Pelatihan Tanggap Bencana
LPBINU Banyumas Gelar Pelatihan Tanggap Bencana

Banyumas, NU Online 
Pengurus Cabang Lembaga Penanggulangan Bencana dan perubahan Iklim Kabupaten Banyumas Pelatihan Tanggap Bencana telah melakukan pelatihan tanggap bencana di Kawasan Agro Politan Sokaraja Banyumas Jawa Tengah. 
<>
Melalui siaran pers yang diterima NU Online Selasa (24/3) kegiatan pada Jumat-Ahad 20-22 Maret tersebut diikuti 135 peserta dari masing-masing kecamatan di kabupaten Banyumas. 

Pada pembukaan kegiatan tersebut dihadiri Bupati Banyumas, Kapolres Banyumas, Dandim 0701 Banyumas, Danrem 071 Wijaya Kusuma Banyumas, Kepala BPBD Banyumas, Ketua PCNU Banyumas, Badan Otonom NU Banyumas, OKP, tokoh NU Banyumas.

Beberapa materi yang disampaikan kepada para peserta di antaranya “Motivasi Diri” oleh KH Maulana A.Hasan (Ketua PCNU Kab. Banyumas), “Teknik Komunikasi” dari ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia), “Pengenalan LPBI” Oleh Ketua PC. LPBI Banyumas.

Materi “Simulasi Mitigasi Penanggulangan Bencana” oleh BPBD Kabupaten Banyumas, “Pendirian Tenda Pleton” oleh Sugeng (CBP-IPNU), “Simulasi Evakuasi Korban” oleh TAGANA Banyumas, “Materi dan Simulasi Penanganan Kebakaran oleh DAMKAR Banyumas.” 

Sementara “Praktek Penanganan Korban Bencana” oleh PMI Banyumas, materi “Lalu-lintas” oleh Polres Banyumas, “Materi dan Praktek SAR Air” oleh Serayu Rescue Banyumas. 

Penutupan kegiatan tersebut dilakukan dengan agenda Banyumas Bersholawat bersama Banser-TNI dan Polri. (Red: Abdullah Alawi)

Selasa 24 Maret 2015 21:2 WIB
Munib Nakhodai Pagar Nusa Blitar
Munib Nakhodai Pagar Nusa Blitar

Blitar, NU Online
Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kabupaten Blitar Jawa Timur memiliki nakhoda baru setelah H Abdul Munib terpilih menggantikan Dorit Iswandi yang purna bakti tahun ini.
<>
Munib yang kini duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Blitar dari Faksi PKB ini terpilih sebagai ketua dalam Konfercab yang berlangsung di Aula NU Kabupaten Blitar, Sabtu 21 Maret 2015 lalu.

Pemilihan dipandu KH Abdussalam ( Gus Salam), salah satu Ketua Pimpinan Pusat  Pencak Silat NU Pagar Nusa didampingi Gus Reza Pengurus Pagar Nusa Jawa Timur. 

Kemenangan Ketua PC IPNU era 90an ini sudah diperkirakan sebalumnya karena beberapa kandidat lain yang dicalonkan semua mendorong mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar itu untuk duduk sebagai ketua. 

“Mas Munib pernah berhasil memimpin organisasi dan dia mantan seorang pesilat. Jadi sudah klop. Maka pas kalau dia lima tahun kedepan memimpin Pagar Nusa,’’ungkap salah satu senior Pagar Nusa Kabupaten Blitar sebelum pemilihan ketua berlangsung.

Acara Konfercab Pagar Nusa berlangsung hanya sehari dan dibuka oleh Ketua IPSI Kabupaten Blitar, H Riyanto yang juga Wakil Bupati Blitar. 

Pada kesempatan tersebut, Riyanto mengatakan bahwa Pagar Nusa merupakan bagian dari IPSI Kabupaten Blitar. Ke depan, peran Pagar Nusa harus lebih ditingkatakan untuk menelorkan prestasi atletnya. 

”NU gudang pendekar. Maka saya yakin ke depan Pagar Nusa akan banyak menyumbangkan atletnya untuk Kabupaten Blitar,’’ ungkapnya.

Hadir pada acara itu, Ketua PCNU Kabupaten Blitar KH Masdain Rifai (Gus Dain), beberapa wakil perguruan pencak silat, anggota IPSI Kabupaten Blitar. ( imam kusnin ahmad/abdullah alawi)
 

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG