Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Kanwil Kemenag DIY: Madrasah Kini Berdaya Saing Tinggi

Kanwil Kemenag DIY: Madrasah Kini Berdaya Saing Tinggi

Yogyakarta, NU Online
Madrasah sekarang pada banyak bidang sudah bersaing menandingi lembaga pendidikan umum favorit. Banyak siswa-siswi madrasah yang menoreh prestasi di tingkat nasional. Masyarakat perlu mengubah stigma negatif terhadap lembaga pendidikan keagamaan ini.
<>
"Fakta di level nasional para siswa madrasah bisa bersaing dengan yang lainnya. Dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) misalnya, banyak siswa madrasah yang meraih prestasi tinggi, bahkan sampai di tingkat nasional," kata Kepala Kanwil Kemenag DIY H Nizar Ali dalam Sosialisasi Kebijakan Kanwil Kemenag DIY dengan Media Massa Tahun 2015 di Ruang Rapat I Kanwil Kemenag DIY, Rabu (15/4).

Salah satu program prioritas Kakanwil baru ini ialah peningkatan mutu pendidikan madrasah dan kemitraan dengan pesantren. Guru besar bidang hadis ini menegaskan, peningkatan mutu madrasah itu hal yang tidak sulit. 

“Ukuran sekolah unggulan sekarang itu NEM-nya tinggi. Nah, kita bisa datangkan pengajar-pengajar profesional untuk memberikan pelajaran tambahan bagi para siswa,” jelas Nizar Ali yang kini dipercaya sebagai Wakil Rais Syuriyah PWNU DIY.

Di samping mempunyai kemampuan di bidang ilmu umum, siswa madrasah juga mempunyai kemampuan di bidang ilmu agama. Bahkan banyak yang hafal Al-Quran. Tapi keunggulan yang mereka miliki itu jarang terekspose media massa.

Kanwil Kemenag DIY, ia berharap, ingin menjadi cyber Kanwil pertama di Indonesia. Ke depan, semua surat menyurat, pendaftaran nikah, dan haji-umroh difasilitasi secara teknologi informasi dan tidak perlu menumpuk berkas. Program itu dicanangkan dapat terwujud dalam dua tahun ke depan. (Suhendra/Alhafiz K)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya