IMG-LOGO
Daerah

Inilah Makna Logo Universitas NU NTB


Sabtu 18 April 2015 09:01 WIB
Bagikan:
Inilah Makna Logo Universitas NU NTB

Mataram, NU Online
Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Nusa Tenggara Barat yang resmi berdiri beberapa waktu lalu kini sudah siap menerima mahasiswa baru. Sejumlah kegiatan telah dipersiapkan dalam rangka menyambut tahun pertama proses akademik ini.
<>
Jamiluddin, pagawai bagian tata usaha UNU NTB, mengatakan, salah satu kegiatan yang sudah dilakukan ialah sosialisasi ke pesantren-pesantren dan sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta.

Di sela-sela kesibukannya di kantor UNU NTB, Jalan Pendidikan Nomor 6 Mataram, Jumat (17/4), Jamiludin juga memperkenalkan logo UNU NTB  dan situs resmi UNU NTB (unu-ntb.ac.id). Terkait logo, ia memaparkan makna yang terkandung dalam lambang ini.

Logo itu terdiri dari “lingkaran” yang membentuk lima sudut yang di dalamnya terdapat tulisan UNU, lambang NU, dan simbol arsitektur rumah adat setempat. Sementara tulisan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat terbentang melingkar memagari ketiga gambar tersebut. Seluruh gambar berwarna hijau dengan warna dasar putih.

Menurutnya, logo UNU Nusa Tenggara Barat memiliki makna sebagai berikut:

Pertama, lima sudut dalam logo ini melambangkan rukun Islam dan Pancasila.  Kedua lambang NU menunjukkan bahwa UNU Nusa Tenggara Barat didirikan untuk mewujudkan visi dan misi NU.

Ketiga, arsitektur rumah adat menunjukkan identitas daerah. Keempat, tulisan UNU merupakan singkatan dari Universitas Nahdlatul Ulama.

“Kelima, warna hijau melambangkan kedamaian dan kemakmuran; dan keenam, warna dasar putih melambangkan kesucian dan ketulusan,” tutupnya. (Samsul Hadi/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG