IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

IPNU-IPPNU Unej Gelar Pesantren Kilat untuk Calon Mahasiswa


Selasa 19 Mei 2015 07:30 WIB
Bagikan:
IPNU-IPPNU Unej Gelar Pesantren Kilat untuk Calon Mahasiswa

Jember, NU Online
Dalam rangka membantu kelancaran kader NU untuk masuk perguruan tinggi, Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Unviersitas Jember menyelenggarakan pesantren kilat selama 10 hari.
<>
Kegiatan yang digelar di Pesantren Mahasiswa At-Thoybah, Kelurahan Sumbersari tersebut, diikuti oleh 30 peserta, yang berasal dari SMA dan yang sederajat. Menurut ketua panitia, Agus Fatoni, ke-30 peserta tersebut adalah hasil seleksi yang dilakukan panitia. “Karena kuotanya terbatas, maka kita seleksi dulu. Dan yang kita prioritaskan adalah mereka yang masuk kategori tidak mampu, anak yatim dan siswa berprestasi,” ujarnya di sela-sla penutupan acara kemarin (17/5).

Sementara itu, pengasuh Pesantren Mahasiswa At-Thoybah KH Misrawi menekankan pentingnya usaha yang sebanding antara belajar dan berdoa. Katanya, belajar untuk mencapai sesuatu adalah suatu keharusan. Tidak ada orang pintar tanpa belajar. Para ulama besar, katanya, bisa menjadi orang alim yang hebat karena belajarnya begitu tekun. Cuma, kelebihan mereka adalah tak pernah meninggalkan doa dan kewajiban-kewajiban syariah lainnya. “Kita harus belajar, dan tak boleh lupa berdoa, apalagi lupa shalat,” ucapnya.

Di sisi lain, pengurus NU Jember itu meminta agar peserta kelak bisa menjadi kader NU yang andal. Sebab, semakin lama, tantangan NU semakin kompleks. Bahkan saat ini, katanya, cukup banyak aliran-aliran yang tidak sepaham dengan NU sudah lama masuk lingkungan kampus dan sekolah. “Ini perlu kalian menguatkan iman dan pengetahuan tentang Ahlussunnah wal Jama’ah yang benar,” jelasnya.

Kegiatan pesantren kilat (Sanlat) tersebut meliputi bimbingan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), uji coba ujian SBMPTN, dan pembekalan Aswaja. (Aryudi A. Razaq/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG