Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kembangkan Aswaja, Global University Lebanon Gandeng Staimafa

Kembangkan Aswaja, Global University Lebanon Gandeng Staimafa

Pati, NU Online
Dalam rangka menjalin kerja sama, Global University (GU) Beirut, Lebanon, berkunjung ke Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali'ul Falah (Staimafa) Pati, Jawa Tengah, , Kamis (28/5). Hadir tiga delegasi senior dari GU Dr. Abdul Rahman Bleik, Dr. Sa'ad eddine El-Ajouz dan Dr. Muhammad Ali al-Atrah.
<>
GU dan perguruan tinggi rintisan KH MA Sahal Mahfudh itu sepakat bekerja sama dalam tiga hal,  yakni pengembangan kurikulum berbasis ajaran Ahlussunah wal Jama'ah (Aswaja), pertukaran dosen, dan pertukaran mahasiswa.

El-Ajouz dalam sambutannya menyatakan bahwa ajaran Ahlussunah wal Jamaah yang dalam fiqih berpegang pada salah satu empat madzhab dan dalam akidah pada Asy'ariyah atau Maturidiyyah merupakan ajaran yang benar. Terorisme, kekerasan, dan sikap suka memvonis kafir yang menyebabkan umat Islam terpecah-belah adalah akibat dari ditinggalkannya ajaran Ahlussunah wal Jamaah.

Kunjungan GU akan berlangsung selama seminggu dengan sejumlah agenda penting lain terkait dengan lembaga-lembaga pendidikan Islam di Pati termasuk di antaranya Madrasah Mathali'ul Falah Kajen, Pondok Pesantren Maslakul Huda, PAUD An-Nismah, dan lembaga-lembaga lain di Jawa Tengah.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut akan diselenggarakan seminar-seminar internasional yang akan dihadiri para delegasi dari pondok pesantren di Jawa Tengah. Kerja sama ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Agama RI yang sudah memiliki hubungan kerjasama baik dengan pihak GU sebelumnya. (Isyrokh/Mahbib)

 
BNI Mobile