IMG-LOGO
Daerah

Lestarikan Budaya, IPNU-IPPNU Mlonggo Gelar Festival Tongtek


Senin 13 Juli 2015 14:34 WIB
Bagikan:
Lestarikan Budaya, IPNU-IPPNU Mlonggo Gelar Festival Tongtek

Jepara, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara mengadakan Festival Tongtek pada Sabtu 11 juli 2015. Festival tersebut terselenggara berkat kerja sama antara dua organisasi, yaitu PAC IPNU-IPPNU dan Forum Komunikasi Karang Taruna Satria Muda Kecamatan Mlonggo.
<>
"Festival tersebut diikuti oleh sebanyak 48 peserta dan 4  bintang tamu yang turut serta memeriahkan festival tersebut," tutur Siti Mahmudah Ketua PAC IPPNU Mlonggo. Festival Tongtek merupakan progam kerja IPNU-IPPNU Mlonggo yang sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Ramadhan bekerja sama dengan Forum Komunikasi Karang Taruna Satria Muda. 

Tujuan dari diselenggarakannya acara tersebut demi melestarikan budaya tongtek ini serta menjadikan ajang ini untuk mempererat tali silaturrahim antar Ranting, Karang Taruna, dan pemuda di kecamatan Mlonggo,  kata Rendi, ketua IPNU Mlonggo sekaligus ketua panitia.

"Budaya tongtek yang mempunyai tujuan untuk membangunkan orang sahur di bulan Ramadhan merupakan budaya yang harus dilestarikan bersama, terlebih untuk generasi muda saat ini karena kalau tidak dilestarikan oleh kita nanti bisa-bisa budaya kita hilang, dan terlebih lagi dalam tongtek ada unsur seni musik tradisional yang kreatif serta menjadikan antar pemuda-pemudi juga masyarakat untuk saling guyub rukun," kata Samiaji, camat Mlonggo.

Adapun pemenang dalam festival tongtek juara 1 Irmafal dari Desa Suwawal Mlonggo Jepara, juara 2 Irmam dari desa Mambak Pakis Aji Jepara, juara 3 Karisma Jambu Timur Mlonggo Jepara, adapun yang juara harapan 1 Punokawan mambak Pakis Aji Jepara, harapan 2 Ikrar 14 Kecapi Tahunan Jepara, harapan 3 Gaperto Jambu Mlonggo Jepara.

Juara 1 Irmafal dari desa Suwawal Mlonggo Jepara sekaligus mendapatkan Piala Bergilir dari Camat Kecamatan Mlonggo yang diserahkan langsung oleh Samiaji selaku Camat.

Lebih semaraknya lagi, dalam rangka festival tongtek juga dibagikan beberapa door prize kepada peserta dan masyarakat kecamatan Mlonggo. (Miqdad Sya'roni/Mukafi Niam)

Bagikan:
IMG
IMG