Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Soal 1 Syawal, Kenapa Tidak Ikut Pemerintah Saja?

Soal 1 Syawal, Kenapa Tidak Ikut Pemerintah Saja?

Makassar, NU Online
Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar Anregurutta Prof Dr KH Najamuddin HS membawakan tausiyah Subuh di Masjid Nurul Ihsan Layang, Kamis (16/7).<>

Gurutta Najamuddin dalam tausiahnya menyinggung persoalan penentuan 1 Syawal di Indonesia dan pentingnya menjaga ukhuwah wathaniyah.

Menurutnya dalam penentuan 1 Syawal, sebaiknya masyarakat mengikuti Pemerintah sebagai simbol pemersatu bangsa Indonesia. Karena persatuan lebih wajib untuk ditegakkan daripada masyarakat harus berselisih pada persoalan khilafiyah.

"Sewaktu saya belajar di Mesir kurang lebih 10 tahun, pengalaman saya dalam penentuan 1 Syawal dibebankan pada Pemerintah atau Mufti, kenapa kita di Indonesia, tidak bisa mempercayakan kepada Pemerintah ?" tanyanya.

Gurutta juga menghimbau kepada seluruh jamaah untuk menunggu kepastian kapan jatuhnya lebaran atau 1 syawal dari sidang Isbat yang akan digelar hari ini. (Andy Muhammad Idris/Fathoni)

Posisi Bawah | Youtube NU Online