IMG-LOGO
Daerah

Tingkatkan Kualitas Akademik, SMK Walisongo Lakukan Studi Banding


Jumat 28 Agustus 2015 08:09 WIB
Bagikan:
Tingkatkan Kualitas Akademik, SMK Walisongo Lakukan Studi Banding

Jepara, NU Online
Untuk meningkatkan kualitas akademik, khususnya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), SMK Walisongo Pecangaan Jepara mengadakan kunjungan studi ke SMK NU Maarif Kudus, Selasa (25/8) kemarin.
<>
Rombongan dari Jepara terdiri atas Kepala Sekolah Ardana Himawan, Ketua Jurusan TKJ Ahmad Sholikul, Humas Agus Dwi Harso serta Waka Kurikulum Irbab Aulia Amri. Sedangkan pihak SMK NU Maarif Kudus yang menerima rombongan adalah Kepala Sekolah H Ahmad Nadlif dan Ketua Jurusan TKJ Eko.

Dipilihnya SMK NU Maarif Kudus sebagai lokasi studi banding, kata Ardana, karena di sana khususnya jurusan TKJ sudah melaksanakan pembelajaran IT. Di awal tahun, siswa sudah diajari pengelolaan blog. Setelah itu, dalam pemberian materi maupun tugas via blog masing-masing.

Di sana lanjutnya juga sudah memberlakukan Cisco Networking Akademy Program serta Microtic.

Untuk di lokasi, melihat laborat, server dan kelas Axio serta sharing tentang jurusan TKJ.

Melalui kegiatan ini pihaknya berharap masyarakat semakin familiar dengan jurusan TKJ. Sebab menurut dia, peminatnya masih kalah dibanding jurusan TKJ/Otomotif.

Karenanya, pihaknya terus mengembangkan kerja sama demi pengembangan jaringan serta sertifikasi lulusan. Di SMK Walisongo, kuantitas jurusan TKJ masih di bawah jurusan TKR. Masih di angka 130-an per tahun. Untuk itu pihaknya terus mengembangkan kualitas. Khususnya menyiapkan TKJ bersertifikat internasional.

“Harapan kami TKJ ke depan sudah bersertifikat Internasional. Kalau selama ini baru bersertifkat dari Asosiasi Profesi Telematika Indonesia (APTI),” harapnya.

Untuk langkahnya tenaga pendidik dilatih Cisco dan Microtic. Setelah itu diterapkan kepada anak-anak. Sehingga kualitas peserta didik dan guru khususnya jurusan semakin berkualitas. (Syaiful Mustaqim/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG