SMK Walisongo Gandeng UIN Walisongo Gelar Seminar Kurikulum

SMK Walisongo Gandeng UIN Walisongo Gelar Seminar Kurikulum

Jepara, NU Online
SMK Walisongo Walisongo Pecangaan Jepara menggandeng UIN Walisongo Semarang menggelar Workshop atau Seminar Kurikulum “Meningkatkan Mutu Pembelajaran dengan Metode Paikem Berbasis IT” dilaksanakan di aula SMK setempat, Kamis (27/8).<>

Kegiatan yang diikuti seluruh tenaga pendidik ini menghadirkan 3 pemateri. Andi Fadlan menyampaikan Pembelajaran Paikem, Mujiarsih dengan materi Administrasi Pembelajaran serta Wenti memaparkan Batik Fractal. Ketiga narasumber berasal dari UIN Walisongo Semarang.

Workshop ini bermula dari tindak lanjut 2 dosen UIN, Shodiq Abdillah dan Suwanto yang melaksanakan pengabdian masyarakat di sekolah tentang mutu layanan pendidikan. Dari hasil pengabdian ini, pihak sekolah masih terbilang minim terkait metode pembelajaran.

“Alhamdulillah acara ini bisa terselenggara,” papar Ardana Himawan, Kepala SMK Walisongo saat ditemui disela-sela kegiatan.

Kegiatan ini menurutnya untuk menyiapkan tenaga pendidik terkait administrasi dan pembelajaran. Sehingga dengan metode Paikem misalnya, guru bisa menyampaikan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

“Guru hanya sebagai mediator dan fasilitator sedangkan siswa dituntut untuk lebih aktif,” lanjutnya.

Untuk pembelajaran berbasis IT, masih menurut Ardana, sudah saatnya guru menggunakan melek IT. Guru memanfaatkan fasilitas LCD. Di samping itu pendidik dituntut menggunakan power point dan program lain sebagai salah satu media pembelajaran. (Syaiful Mustaqim/Fathoni)

BNI Mobile