IMG-LOGO
Internasional

Jelang Wukuf, Jamaah Siapkan Batin dan Ilmu Manasik


Rabu 23 September 2015 11:13 WIB
Bagikan:
Jelang Wukuf, Jamaah Siapkan Batin dan Ilmu Manasik

Makkah, NU Online
Sejak Selasa (22/9) sore, sejumlah calon jamaah haji dari berbagai dunia bergerak menuju Arafah. Mereka akan melaksanakan rangkaian puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina). Sejumlah persiapan harus diperhatikan jelang kegiatan tersebut.<>

"Yang pertama harus mulai ada persiapan fisik dan kesehatan," kata H Farmadi Hasyim kepada media ini, Rabu (23/9) waktu setempat. 

Karenanya menjelang wukuf, lanjutnya, jamaah harusnya mengurangi kegiatan yang dapat menguras tenaga dan melelahkan. Demikian juga dengan perlunya konsultasi ke dokter akan kondisi kesehatan, termasuk banyak makan-makanan yang bervitamin. 

Persiapan selanjutnya, tambah Farmadi, adalah persiapan batin dan ilmu manasik. Harus memantapkan niat dan menanamkan keyakinan bahwa jamaah dapat melaksanakan seluruh prosesi ibadah baik wukuf, mabit, jumroh, maupun thawaf ifadhah. Pengetahuan tentang ibadah selama wukuf maupun di Mudzdalifah dan di Mina dipelajari dan dimantapkan kembali. 

"Terutama mengenai ibadah dan doa di Arafah karena haji adalah Arafah," terang Kasi Haji Kemenag Surabaya

Dan khusus saat wukuf, imbuhnya, disarankan untuk memperbanyak doa sambil menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan. Juga memperbanyak taubat memohon ampunan Allah SWT. Sebab saat wukuf adalah saat yang utama untuk berdoa, memohon ampun dan bertaubat. Selain itu juga perbanyak ibadah lainnya seperti membaca al-Qur`an, takbir, tahmid, tahlil dan sebagainya. 

“Yang juga jangan sampai dilupakan selama wukuf jangan sampai melakukan sesuatu yang tidak pantas atau tidak sesuai dengan kesucian ibadah,” pungkasnya. (Ibnu Nawawi/Fathoni)

Keterangan foto: Suasana jamaah calon haji Indonesia di Arafah.

Bagikan:
IMG
IMG