IMG-LOGO
Daerah

Kodim Lamongan Gandeng Banser Tanam Mangrove


Sabtu 26 September 2015 20:01 WIB
Bagikan:
Kodim Lamongan Gandeng Banser Tanam Mangrove

Lamongan, NU Online
Sedikitnya 500 personil TNI dan Banser terlibat dalam penanaman mangrove di sepanjang pantai Desa Sidokelar Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Sabtu (26/9). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Komando Distrik Militer (Kodim 0812) Lamongan dalam rangka peringatan Harlah Ke-75 TNI.<>

Tujuan ditanamnya bibit pohon mangrove ini, menurut Letkol Jems Andre, untuk mengurangi resiko abrasi pantai. Terutama di wilayah Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. 

“Kita tahu, Lamongan mempunyai garis pantai yang panjang. Membentang dari Barat, tepatnya di Kecamatan Brondong berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tuban. Hingga ke timur, tepatnya di Kecamatan Paciran yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Gresik,” papar Jems Andre.

Di sepanjang pantai itu, lanjutnya, berbagai potensi ekonomi bergeliat dengan sangat pesat. Mulai dari sektor perikanan, pariwisata, hingga perdagangan. Karenanya, upaya untuk mengurangi resiko abrasi sangat penting dilakukan. Sehingga pantai tidak hanya diambil manfaatnya saja, tapi kita juga harus turut merawatnya. TNI sebagai penjaga kedaulatan Republik Indonesia merasa berkepentingan untuk melakukan perawatan pantai. “Untuk itulah kami tanam sedikitnya 2000 pohon mangrove di pantai ini,” jelas Letkol Jems.

Dilibatkannya Barisan Ansor Serbaguna (Banser) oleh TNI dalam berbagai kegiatannya, termasuk dalam penanaman pohon mangrove ini, menurut Letkol Jems Andre, sebagai wujud kemitraan berkelanjutan yang dirajut Kodim 0812 dengan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Lamongan.

“Kami sengaja melibatkan Banser Lamongan sebagai wujud kerjasama yang baik antara tentara dan organisasi kepemudaan. Apalagi menurut kami, Banser itu mempunyai kesamaan cara pandang dengan kami, terkait negara ini, yakni kesamaan tentang NKRI harga mati. Kerja sama yang baik antara TNI dan Banser ini semoga tetap berlanjut di momen-momen selanjutnya,” ujar Jems Andre.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Lamongan, Muhammad Masyhur, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang baik antara Kodim 0812 Lamongan dengan GP Ansor Lamongan, terutama Banser.

“Untuk ke sekian kali, kami Ansor dan Banser Kabupaten Lamongan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Kodim Lamongan. Bagi kami, ini bukan sekadar hubungan antara militer negeri (TNI, red) dengan militer swasta (Banser, red). Tapi lebih dari itu, ini adalah perwujudan tekad kami untuk turut berbakti pada umat dan lingkungan. Bakti kami sebagai warga Negara RI,” tegas Masyhur. (Amin Wahyudin/Fathoni)

Bagikan:
IMG
IMG