Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pelajar NU NTB Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Tragedi Mina

Pelajar NU NTB Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Tragedi Mina

Mataram, NU Online
Tragedi mina yang mengakibatkan lebih dari seribu jemaah haji di Kota Mekah Arab Saudi meninggal dunia baru-baru ini menjadi pusat perhatian umat Islam sedunia. Komentar duka pun beragam hingga berbagai cara dilakukan masyarakat di Tanah Air.
<>
Pimpinan Wilayah  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Nusa Tenggara Barat menunjukkan rasa belasungkawanya dengan menggelar Yasinan, Tahlilan hingga shalat ghaib berjamaah untuk para korban.

Ucapan duka tersebut dilaksanakan di Aula Kantor PWNU NTB, Jalan Pendidikan Nomor 6, Kota Mataram, NTB, Selasa sore (29/09). Kegiatan dimulai dari shalat Ashar berjamaah, kemudian Yasinan, Tahlilan, dan doa.

Acara yang dipimpin Sekretaris IPNU NTB Lalu Hadi Irawan itu lantas diakhiri dengan diskusi ringan hingga menjelang maghrib. Setelah shalat maghrib berjamaah, shalat ghaib digelar para para syuhada di Tanah Suci.

"Acara ini wujud kepedulian atas duka yang menimpa di Mekah karena kejadian itu semata-semata ujian yang di luar jangkauan pemikiran manusia," kata Syamsul Hadi, Ketua PW IPNU NTB saat memberikan pangantar diskusi ringan.

Lebih lanjut dia mengharapkan tragedi mina dan tragedi crane menjadi pelajaran bagi pemrintah Indonesia khususnya pemerintah Arab Saudi untuk melakukan perbaikan sistem dan tempat pemondokan bagi calon jamaah haji ke depan.

Di samping itu dia berharap agar keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi semua ujian tersebut serta yang masih sehat semoga mendapatkan haji yang mabrur. (Idim/Mahbib)

BNI Mobile