Sumpah Pemuda Keturunan Arab Nusantara Diperingati di Surabaya

Sumpah Pemuda Keturunan Arab Nusantara Diperingati di Surabaya

Jakarta, NU Online
Tak banyak yang ingat, tanggal 4 Oktober 1934 merupakan hari Sumpah Pemuda Keturunan Arab di Nusantara. Saat itu, melalui sebuah kongres para pemuda keturunan Arab di Nusantara berkumpul di Semarang dan berkomitmen untuk menegakkan Indonesia sebagai tanah air.
<>
Sumpah tersebut digulirkan karena sebelumnya kalangan keturunan Arab berangapan bahwa tanah air mereka adalah negeri-negeri Arab dan senantiasa berorientasi ke Arab.

Di antara tokoh Sumpah Pemuda Keturunan Arab adalah AR Baswedan. Kakek dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan ini adalah salah satu pentolan pemuda arab yang paling getol memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam rilis yang diterima NU Online, peristiwa tersebut diperingati Ahad (4/10) ini dengan berbagai kegiatan di Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan yang diinisiasi editor buku Nabiel A Karim Hayaze ini menyuguhkan forum seminar, pameran foto, bazar, musikalisasi puisi, musik gambus, dan sebagainya. Acara dipusatkan di Kampung Ampel, tepatnya di Jalan KH Mansur dan Jalan Sasak, Surabaya. (Mahbib)

BNI Mobile