Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LP Ma’arif Pringsewu Gelar Perkemahan Ma'arif Cabang Perdana

LP Ma’arif Pringsewu Gelar Perkemahan Ma'arif Cabang Perdana

Pringsewu, NU Online
Dalam rangka meningkatkan apresiasi kaum muda terhadap Gerakan Pramuka serta mengembangkan nilai spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisikal para generasi muda, LP Maarif Kabupaten Pringsewu mengadakan Perkemahan Maarif Cabang (Permacab) untuk pertama kalinya.<>

Kegiatan bertema ‘Satu Hati, Satu Janji Pramuka Maarif Terwujud dalam Satya Darma Bhakti’ Dibuka secara resmi oleh Bupati Pringsewu H Sujadi Saddad selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Pringsewu, Jumat (9/10). Dalam amanatnya, Bupati Pringsewu memberikan apresiasi kepada Pramuka Maarif Kabupaten Pringsewu yang telah menambah hasanah Kepramukaan di Kabupaten Pringsewu dengan kegiatan Permacab ke 1 ini.

"Saya mengharapkan kegiatan ini akan terus dilaksanakan berkala dengan melibatkan lebih banyak peserta seperti dari Pondok Pesantren sehingga kegiatan ini akan dapat menjadi contoh bagi Pramuka Maarif di Kabupaten lain di Provinsi Lampung dan Para Pramuka Maarif Pringsewu akan menjadi ikon di Provinsi Lampung," harapnnya.

Disela sela Acara Pembukaan, Ketua Pelaksana Kegiatan, Mas Mustain, S.Pd mengatakan, bahwa Permacab Ke-1 ini akan dilaksanakan selama 3 hari, 9-11 Oktober 2015 di Komplek Gedung NU Kabupaten Pringsewu dan diikuti oleh seluruh Madrasah yang berada di bawah naungan LP Maarif Kabupaten Pringsewu. "Ada 72 Regu atau Tenda yang berpartisipasi pada Permacab ini dengan jumlah peserta sebanyak 870 Peserta," Terangnya.

Mustain menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan pada Permacab ini meliputi Kegiatan non-lomba yaitu : Upacara Pembukaan dan Penutupan, Apel Bendera Pagi dan Sore, Apel Tenda Pagi dan Malam, Senam Pagi, Shalat Berjamaah, Bakti Masyarakat, Api Unggun dan Penyampaian Materi Aswaja, Kesehatan dan Kepramukaan.

Sementara untuk Kegiatan Lomba yang akan memperebutkan piala dan trofi dari Bupati Pringsewu para peserta akan bersaing dalam Lomba PBB, Pionering, Hasta Karya, Penjelajahan dan Halang rintang, Pidato Islami, MTQ, Tahlil, Karnaval, Pentas Budaya Seni serta Syarhil Quran.

Selain itu, Pada Perkemahan ini juga dilaksanakan Pelantikan Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Maarif Kabupaten Pringsewu. "Sako Maarif adalah Gerakan Pramuka yang ada di lingkungan Nahdlatul Ulama dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Gerakan Pramuka Nasional," Jelas Mustain yang juga merupakan Ketua Sako Maarif Kabupaten Pringsewu.

Nampak hadir pada Upacara Pembukaan tersebut Ketua Sako Maarif Pusat H Muhsin Ibnu Juhan, Ketua LP Maarif Provinsi H Fauzi Semkomakt, Ketua PCNU Pringsewu H Taufiqurrohim, Ketua Kwarcab Pramuka Pringsewu H Heri Iswahyudi, dan Ketua LP Maarif Pringsewu Ahmad Rifai. (Muhammad Faizin/Fathoni)

BNI Mobile