IMG-LOGO
Daerah

Ribuan Santri dan Siswa di Brebes Pawai Taaruf Tahun Baru Hijriyah

Selasa 13 Oktober 2015 17:00 WIB
Ribuan Santri dan Siswa di Brebes Pawai Taaruf Tahun Baru Hijriyah

Brebes, NU Online
Ribuan santri, siswa, dan mahasiswa mengadakan pawai taaruf menyambut tahun baru 1437 Hijriah. Pawai yang menampilkan berbagai simbol Islami dan drumband dilakukan dengan mengelilingi kota Brebes. Pawai mendapat sambutan hangat dari warga dan pengguna jalan hingga sedikit menghambat lalu lintas di Jalan Jenderal A Yani yang merupakan jalan protokol.<>

Pelepasan peserta dilakukan dengan mengibaskan bendera start oleh Ketua Yayasan Islamic Center KH Zaenal Arifin. Dia mengatakan, tahun baru Islam kali ini bagi kaum Muslim Indonesia sangat Istimewa. Karena mendekati ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional.

“Kami sangat mendukung ditetapkannya 22 Oktober sebagai hari santri,” ujarnya di sela pelepasan pawai taaruf tahun baru hijriyah di halaman Islamic Center jalan Yos Sudarso Brebes, Selasa (13/10).

Dengan adanya hari santri, lanjut Zaenal, santri bisa lebih bergairah dalam mengejawantahkan ilmu yang didapatkan sepanjang nyantri.

Lebih kurang 5000 peserta tidak hanya dari pelajar berlatar belakang agama tetapi juga dari sekolah umum. Mereka membawa berbagai macam poster ajakan kembali ke jalan yang benar. Menata kehidupan hari esok yang lebih baik dan meminta ampunan atas segala kekilafan yang telah diperbuat setahun sebelumnya.

Ketua Panitia H Abdul Haris SAg menjelaskan, pawai taaruf dikandung maksud agar masyarakat Islam mengerti dan menyadari arti pentingnya tahun baru hijriyah. “Umat Muslim punya tahun baru tersendiri dan patut dirayakan untuk mengingatkan seberapa jauh bakti kita kepada agama, bangsa dan Negara,” kata Haris.

Namun yang lebih utama, dengan memontum tahun baru hijriyah setiap pribadi muslim dapat mengubah pola kehidupannya yang lebih baik lagi. “Tidak ada manusia yang luput dari dosa, tetapi kita harus terus menata diri dan memperbaikinya sepanjang masa,” ucap Ustadz Haris.

Pawai diikuti dari unsure Santri, siswa dan mahasiswa terdekat dilingkungan kompleks Islamic Center. Pondok pesantren dan Sekolah yang terlibat yakni MAN 1 Brebes, MTs N Model Brebes, STAI Brebes, MTs Maarif NU Brebes, SMP NU Terpadu Brebes, SMK Islamic Center Brebes, MTs Darul Abror Pasarbatang, MIN Kec Brebes, MI Islamiyah Pasarbatang, SMK Pusponegoro Brebes, SMP Muhammadiyah Pasarbatang, TK/RA/PAUD se Kecamatan Brebes, Ponpes Mubarokatul Ulum,  RSB Permata Insani dan lain-lain. “Pawai Taaruf ini, merupakan yang ke-7 kalinya,” ujarnya.

Selain pawai Taaruf, lanjut Haris, Yayasan Islamic menggelar pengajian Muharram 1437 Hijriyah pada Rabu (14/10) malam. Sebagai pembicara Pengasuh Pesanteren Darussalam Jatibarang Kidul KH Syeh Soleh Basalamah, Pengasuh Pesantren Assalafiyah Luwung ragi Bulakamba KH Subkhan Makmun dan Pengasuh Pesantren Mubarokatul Ulum Banjarharjo KH Dr Jaffar Athoyar. (Wasdiun/Mahbib)

 

Bagikan:
IMG
IMG