Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pergunu DKI Jakarta Luncurkan Beasiswa Yatim Berprestasi

Pergunu DKI Jakarta Luncurkan Beasiswa Yatim Berprestasi

Jakarta, NU Online
Dalam rangka memperingati tahun baru Islam, serta menyambut hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2015, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) DKI Jakarta melaunching program beasiswa Yatim Berprestasi. Beasiswa ini dihimpun dari dana infaq dan sodaqoh pengurus, anggota, serta para dermawan.<>

Menurut Ketua PW Pergunu DKI Jakarta, Aris Adi Leksono, MMPd, program ini selain secara umum sebagai ungkapan syukur ditetapkannya hari santri pada tanggal 22 Oktober 2015 dan tahun baru Islam, lebih dari itu juga sebagai bentuk kepedulian para guru terhadap masa depan anak yatim piatu, terutama dalam keberlangsungan pendidikan mereka. 

“Rasulullah SAW sudah menjelaskan dengan gamblang bahwa berbuat baik pada yatim adalah amal yang mulia. Oleh karena itu kami pengurus Pergunu DKI Jakarta akan menjalankan program ini secara berkesinambungan, terus mengajak para anggota dan dermawan untuk menyisihkan rizkinya, sehingga bisa kami salurkan setiap bulan,” ujar Aris.

Secara taktis penyaluran beasiswa ini akan berkoordinasi dengan sekolah/madrasah/pesantren di wilayah Jakarta yang direkomendasikan oleh pengurus atau anggota Pergunu DKI Jakarta. “Pelajar yang direkomendasikan tentu harus memenuhi persyaratan, diantaranya anak yatim atau yatim piatu, berprestasi secara akademik dan non akademik, kurang mampu, serta berakhlak mulia,” terang pria yang juga Ketua IV STAINU Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, D Lutfi Hakim, MM, Ketua PC Pergunu Jakarta Timur selaku koordinator program ini menuturkan, bahwa program ini diluncurkan setelah mendapatkan masukan dan dukungan dari beberapa pihak, terkait bagaimana bisa berbuat secara nyata kepada masyarakat, serta berkesinambungan, sehingga ke depan punya efek persiapan SDM Pergunu dan NU yang unggul. 

“Pada tahap awal akan, kami salurkan 22 paket bantuan beasiswa yatim berprestasi pada beberapa madrasah dan pesantren,” ujar Dosen Universitas Assyafi'iyah ini. (Red: Fathoni)

BNI Mobile