Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Warga Dianjurkan Puasa Tiga Hari Jelang Shalat Istisqo

Warga Dianjurkan Puasa Tiga Hari Jelang Shalat Istisqo

Brebes, NU Online
Rais Syuriah PBNU KH Subkhan Makmun mengajak santri dan warga Brebes untuk melaksanakan shalat istisqo, memohon pertolongan Allah SWT agar segera menurunkan hujan.  Shalat akan digelar pada Senin, 26 November 2015 mendatang di Lapak Bawang Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, mulai pukul 08.00 WIB.
<>
Kiai Subkhan yang juga pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi menyampaikan hal ini usai rapat persiapan di ruang Rapat Sekda Brebes, Selasa (20/10).

Kang Kaji, demikian sapaan akrabnya, mengaku telah mengerahkan santrinya juga mengajak ormas Islam, instansi pemerintah maupun swasta, lembaga pendidikan, pengurus masjid, majelis taklim, organsasi kepemudaan, tokoh masyarakat, mubaligh, mahasiswa dan seluruh kaum muslimin dan muslimat untuk hadir dalam pelaksanaan shalat istisqo.

Shalat yang digagas Dandim 0713/Brebes dan difasilitasi Pemkab Brebes itu, akan didahului dengan istighotsah oleh para kiai sepuh Brebes.  Khotbah akan disampaikan oleh Kiai Subkhan sedangkan Imam akan dipimpin oleh ulama sepuh yang hadir pada kesempatan tersebut.

Puasa Tiga Hari, Banyak Istighfar

Kiai Subkhan turut prihatin dengan kemarau yang berkepanjangan ini. Apalagi daerah Brebes merupakan penghasil komoditas utama Bawang Merah yang tentunya sangat membutuhkan air untuk menanamnya. “Kabupaten Brebes, 60 persen penduduknya berkecimpung dalam dunia pertanian. Di daerah lain juga terkena musibah kabut asap jadi alangkah baiknya kita memohon pertolongan Allah SWT lewat shalat istisqo,” ujarnya.

Sebelum shalat, Kiai Subkhan menganjurkan untuk puasa sunah tiga hari, banyak istighfar, berdoa dan beramal sholeh. Kita harus menyadari sepenuh hati bahwa kekeringan akibat tidak turunnya hujan, merupakan musibah dan teguran dari Allah SWT.

Asisten II Sekda Brebes Ir Moh Iqbal menambahkan, Pemkab Brebes akan mendukung penuh ikhtiar meminta hujan dengan shalat istisqo di Luwungragi. Bupati beserta jajaran dan PNS lain juga akan berbondong-bondong mengikuti kegiatan tersebut. Jamaah haji yang baru pulang dari Mekah, anak yatim, para jompo, bahkan hewan ternak akan digiring untuk berkumpul di lapangan Luwungragi dalam rangkaian shalat Istisqo.

“Pelajar juga dilibatkan, sebagai pembelajaran keimanan dan ketakwaan sejak dini,” tuturnya. Turut hadir dalam rapat persiapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Drs H Imam Hidayat MPdI. (Wasdiun/Mahbib)

BNI Mobile