IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Ribuan Santri di Probolinggo Semarakkan Kirab Obor

Selasa 27 Oktober 2015 16:01 WIB
Ribuan Santri di Probolinggo Semarakkan Kirab Obor

Probolinggo, NU Online
Ribuan santri dari 145 pondok pesantren se-Kabupaten Probolinggo, Senin (26/10) malam menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dengan menggelar kirab santri dan pawai obor. Kegiatan ini digelar sebagai upaya nyata keterlibatan santri dalam mengisi HSN yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.<>

Kirab santri dan pawai obor ini dilepas secara resmi pada pukul 18.30 WIB di depan halaman SMAN 1 Kraksaan di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo menuju ke Alun-alun Kota Kraksaan dengan rute sekitar 1,5 kilometer.

Sambil membawa obor, para santri ini berjalan beriringan sambil melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu, sejumlah aneka kreasi dan ketrampilan santri juga ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Seperti drum band, grup hadrah dan lain sebagainya.

Kirab santri dan pawai obor ini disambut positif oleh Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo H Hasan Aminuddin. Menurutnya, inilah bentuk nyata dari keterlibatan santri atas ditetapkannya HSN oleh pemerintah. 

“Santri bukan hanya yang ada di pondok pesantren. Tetapi mereka yang berperilaku baik dan dapat dicontoh oleh masyarakat juga santri. Marilah menjadi santri agar bisa menjadi contoh. Ancamannya adalah budaya dan seni di luar santri. Disini dituntut bagaimana santri bisa menyikapi semua itu seiring dengan pergeseran zaman yang luar biasa,” ujarnya.

Menurut Hasan, saat ini hari santri sudah ditetapkan dan masuk dalam lembaran negara. Konsekuensinya adalah bagaimana para pengasuh pondok pesantren dan santri berperilaku yang saleh sebagai seorang santri. “Marilah perbanyak berperilaku yang saleh sebagai seorang santri. Pasalnya saat ini sudah banyak masyarakat yang lupa dengan sejarahnya,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Fathoni) 

Bagikan:
IMG
IMG