Perpustakaan SMA NU 1 Gresik Terbaik di Indonesia

Perpustakaan SMA NU 1 Gresik Terbaik di Indonesia

Gresik, NU Online
Perpustakaan SMA Nahdlatul Ulama 1 (SMANUSA) di Jalan Raden Santri V no. 22, Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, meraih juara sebagai perpustakaan terbaik nasional dari Perpustakaan Nasional Jakarta.
<>
Ketua Perpustakaan SMA NU 1 Gresik, Kris Aji mengatakan, sebelum meraih sebagai perpustakaan terbaik SMA Nasional, sekolah di bawah naungan PWNU Ma’arif NU tersebut menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, pihaknya dikirim mewakili Jawa Timur pada untuk tingkat nasional, hingga akhirnya mengungguli 10 besar nominator perpusatakaan SMA yang dipilih dari 34 provinsi di Indonesia, dan meraih predikat terbaik dan menjadi juara.

"Piala dan piagam berupa sertifikat juara perpustakaan terbaik nasional tingkat SMA telah kami terima dari Kepala Perpustakaan Nasional Jakarta, Sri Sularsih M.Si di Gedung Smessco di Jakarta," kata Kris saat ditemui di Gresik, Jumat.

Piala itu dikirab pada Sabtu (31/10) pagi dari depan Kantor GNI Gresik Jalan Pahlawan menuju Pendopo Bupati Gresik, kemudian diterima Penjabat Bupati Gresik Akmal Boedianto, dan dibawa langsung ke SMA NU 1 Gresik.

"Kemenangan Perpustakaan SMA NU 1 Gresik melalui perjuangan panjang, dan berkat kerja sama semua pihak," katanya.

Kepala Sekolah SMA NU 1 Gresik HM Nasihudin mengakui pengelolaan perpustakaan yang ada di sekolahnya disesuaikan dengan selera anak muda. "Kami punya tim kreatif yang setiap saat selalu meng-update penataan buku-buku maupun interior ruangan, sehingga siswa termotifasi untuk datang ke perpustakaan dan pengunjung betah berlama-lama di perpustakaan," katanya.

Selain itu, jumlah buku yang mencapai ribuan, juga tertata sangat bagus, seperti berada di kafe dengan dilengkapi ruang presentasi, ruang pamer kerajinan tangan dan ruang penyimpanan karya tulis siswa dan guru.

Menanggapi raihan ini, Bupati Gresik Dr Akmal Boedianto mengaku banggaan atas prestasi yang diraih, sehingga bisa menjadi motivasi bagi yang lainnya. "Saya berharap SMA NU 1 bisa memotivasi sekolah yang lain di Gresik untuk membuat perpustakaan dengan standar juara seperti SMA NU I Gresik," ujarnya.

Piala dan piagam berupa sertifikat juara perpustakaan terbaik nasional tingkat SMA telah diterima dari Kepala Perpustakaan Nasional Jakarta, Sri Sularsih M.Si di Gedung Smessco di Jakarta. (Red: Mahbib)