IMG-LOGO
Daerah

Gusdurian Yogyakarta Kembali Adakan Kelas Pemikiran Gus Dur Ke-4


Sabtu 21 November 2015 22:05 WIB
Bagikan:
Gusdurian Yogyakarta Kembali Adakan Kelas Pemikiran Gus Dur Ke-4

Sleman, NU Online
Koordinator Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG) Yogyakarta Ubaidillah Fatawi membuka kembali KPG Ke-4 di Joglo Abang, Sleman, Sabtu (21/11) pagi. Kelas ini mengarahkan peserta menggali kembali pemikiran dan gerak Gus Dur.
<>
Menurut Ubaid, Gus Dur merupakan model orang yang baik. Secara pemikiran tertuang dalam tulisan, dan pemikirannya tertuang dalam tindakan.

"Mempelajari pemikiran Gus Dur merupakan upaya kita untuk menjadi orang-orang baik. Gus Dur merupakan orang baik," kata Ubaid.

Ia menambahkan bahwa kelas pemikiran Gus Dur ini merupakan gerbang awal untuk mengkaji pemikiran Gus Dur. "Nantinya, peserta dapat memperdalam sendiri. Kami hanya pengantar untuk mengenalkan pemikiran Gus Dur," tambahnya.

Di sini akan belajar dasar-dasar pemikiran Gus Dur, tandasnya.

Kelas pemikiran Gus Dur Ke-4 ini, menurut keterangan Ketua Panitia Rifqiya, diikuti oleh 30 orang. "Yang daftar kelas pemikiran Gus Dur ke-4 ini semulanya 90 orang, namun hanya diterima 30 orang," kata Rifqiya.

Ia berharap, acara untuk mengkaji pemikiran Gus Dur tidak berhenti pada KPG. "Namun, nantinya dapat mempelajari pemikiran-pemikiran Gus Dur secara mendalam."

Peserta terdiri atas mahasiswa di sejumlah kampus Yogyakarta seperti UGM, UNY, UIN, Sanata Darma, UPN, UMY. Kelas Pemikiran Gus Dur ini diadakan hari Sabtu-Ahad (21-22/11) dengan berbagai materi. Sesi 1 diisi dengan materi "Biografi Intelektual Gus Dur" dengan narasumber Nur Khalik Ridwan. Pada sesi Ke-2, diisi dengan materi "Gagasan Keislaman Gus Dur" oleh narasumber H Imam Aziz.

Pada Ahad dilanjutkan sesi Ke-3 dengan tema " Gus Dur dan Demokrasi" diisi oleh Abdul Gaffar Karim. Sesi 4 dengan tema "Jaringan GUSDURian dan Brainstroming RTL”. Sesi Ke-5, "Gus Dur dan Gerakan Sosial" oleh Mustaghfiroh Rahayu. Dengan materi "Gagasan Kebudayaan Gus Dur" oleh Achmad Munjid. (Nur Sholikhin/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG