Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pemkab Karanganyar Gelar Tahlil Akbar untuk Istri Pangeran Diponegoro

Pemkab Karanganyar Gelar Tahlil Akbar untuk Istri Pangeran Diponegoro

Karanganyar, NU Online
Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Karanganyar yang ke-98, pemerintah setempat menggelar tahlil akbar, Sabtu (21/11), di makam Nyi Ageng Karang, Desa Tegalgede, Kecamatan Karanganyar, Karanganyar, Jawa Tengah.  
<>
Proses pembacaan tahlil dipimpin oleh Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Karanganyar Kiai Ahmad Hudaya. “Tahlil akbar ini merupakan tahlil pertama yang diagendakan oleh Pemda dalam peringatan Hari Jadi Karanganyar,” ungkap kiai Hudaya saat membuka tahlil akbar.

Ia menjelaskan, Nyi Ageng Karang merupakan istri dari Pangeran Diponegoro yang mempunyai nama kecil Raden Ayu Syulbiyah yang berjasa merintis terbukanya kawasan penduduk baru (babat alas) yang kini dikenal sebagai Kabupaten Karanganyar.

Tahlil akbar kali ini selain bertujuan untuk mengingat kematian sebagai peristiwa niscaya tiap manusia, juga sebagai upaya untuk mengenang serta meneladani perjuangan Nyi Ageng Karang dalam melawan penjajah hingga terbentuknya kabupaten Karanganyar, imbuhnya.

“Kami berharap kegiatan yang positif ini akan diagendakan lagi pada peringatan hari jadi Karanganyar di tahun-tahun yang akan datang, sehingga orang-orang yang sekarang tinggal di Karanganyar mengetahui sejarah asal usul tempat tinggalnya dan mengenal tokoh pendirinya,” pungkasnya. (Ahmad Rosyidi/Mahbib)

BNI Mobile