IMG-LOGO
Daerah

Terkait Kongres XVIII, Ini Harapan IPNU Pacitan


Senin 30 November 2015 18:01 WIB
Bagikan:
Terkait Kongres XVIII, Ini Harapan IPNU Pacitan

Pacitan, NU Online
Menyongsong pelaksanaan Kongres Ke-18 IPNU dan Ke-17 IPPNU di Boyolali, Jawa Tengah, yang dimulai awal Desember mendatang, sejumlah Pengurus Cabang IPNU di daerah memberikan catatan dan harapannya.<>

Amrudin, Ketua IPNU Pacitan, Jawa Timur mengatakan, pelaksanaan kongres tinggal menghitung hari, namun sangat disayangkan koordinasi antara pengurus pusat dengan cabang didaerah kurang maksimal.

"Misalnya masalah administrasi undangan dan TOR proposal untuk kongres hanya dikirim melalui email, yang mana semua itu tidak sesuai dengan tuntutan pengurus pusat kepada pengurus cabang saat melakukan pengajuan Surat Pengesahan (SP) dan lainya," katanya kepada NU Online disela kegiatan Makesta IPNU-IPPNU, Ahad (29/11).

Para pengurus cabang, lanjut Amrudin, sangat berharap Kongres ini dapat membahas amanat Muktamar Ke-33 NU di Jombang tentang pendirian badan otonom kemahasiswaan dan pemangkasan usia pengurus dari 30 menjadi 27 tahun di tingkat pusat. "Harusnya ini menjadi pembahasan penting saat kongres," imbuh Mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Sunan Giri (Unsuri) Ponorogo itu.

Menurutnya, pendirian banom dan pemangkasan usia kepengurusan itu kurang tepat. Karena,  proses pengkaderan saat ini sudah cukup baik tinggal perbaikan pada sistem yang dijalankan dimasing-masing jenjang. 

PP IPNU diwakili Ketum Khairul Anam HS pada Muktamar Ke-33 NU lalu sempat menolak atas keputusan komisi organisasi itu. “Bila ini diterapkan, akan menjadikan eksistensi dan ruang gerak IPNU sangatlah kecil. Para pelajar, santri maupun mahasiswa NU tetap akan berwadah pada IPNU dari pusat hingga cabang,” katanya

Selain itu, Amrudin berharap pelaksanaan Kongres nanti menjadi ajang proses reorganisasi yang sehat. Ia berharap tidak ada dinamika yang memprovokasi hingga merusak dan menciderai tujuan dan nilai-nilai IPNU sendiri. "Semoga Kongres ini akan menghasilkan pengurus PP IPNU yang lebih baik lagi" pungkasnya di gedung MUI Pacitan. (Zaenal Faizin/Fathoni)













Bagikan:
IMG
IMG