Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Awal 2016, BMT NU Jombang Dirikan Dua Cabang

Awal 2016, BMT NU Jombang Dirikan Dua Cabang

Jombang, NU Online
Setelah sukses membuka cabang perdana Baiatul Maal Wat Tamwil Nahdhatul Ulama’ (BMT NU) di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang pada awal 2015 lalu,  kini BMT NU Jombang pusat tengah menggarap berbagai teknis untuk pendirian cabang BMT NU di dua kecamatan di Jombang, Kesamben dan Jogoroto.
<>
Pendirian cabang BMT NU ditargetkan rampung pada pertengahan awal bulan tahun 2016 yang beroperasikan di masing-masing kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) NU  Kesamben dan Jogoroto. Saat ini pengurus BMT NU pusat terus melakukan koordinasi dengan para pengurus MWC NU terkait.

Sekretaris BMT NU Jombang M Muchlis Irawan mengungkapkan, dalam pendirian cabang BMT NU tersebut dirinya mengupayakan prosesnya sesuai dengan target tempo yang sudah disepakati sebelumnya.

“Memang pada Januari tahun depan ini kita tetap berupaya menambah dua cabang lagi,” katanya kepada NU Online saat ditemui di Graha Gus Dur, Rabu (16/12) siang.

Untuk dana awal untuk kebutuhan berbagai perangkat seperti komputer, meja, kursi, dan semacamnya, Muchlis menuturkan akan mengalokasikan dana pinjaman yang bersumber dari BMT NU pusat sesuai jumlah kebutuhan dari masing-masing cabang tersebut.

“Kita juga akan fasilitasi dari sisi pendanaan. Kita pinjamkan dulu dari BMT NU untuk segala kebutuhan pendirian cabang,” tuturnya.

Kita memberikan kebijakan-kebijakan tertentu. Setidaknya salah satu di antara calon pengurus BMT NU cabang itu dilatih jadi tim pemasar terlebih dahulu untuk menyosialisasikan BMT NU kepada warga masyarakat atau berbagai lembaga pendidikan di masing-masing daerah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah menyiapkan dan menarik perhatian nasabah BMT NU pusat atau cabang.

“Kalau kebijakan ini terus berjalan hingga berlanjut hingga pascaperesmian masing-masing cabang, kita berani pinjamkan dana puluhan juta, sebesar 20 sampai 40 juta. Karena hal ini juga sebagai usaha menjembatani kebutuhan nahdliyin khususnya,” pungkasnya. (Syamsul/Alhafiz K)

BNI Mobile