IMG-LOGO
Daerah

PWNU Yogyakarta Bahas Problematika Wakaf

Senin 21 Desember 2015 14:4 WIB
Bagikan:
PWNU Yogyakarta Bahas Problematika Wakaf

Yogyakarta, NU Online
Wakil Bendahara PWNU Yogyakarta Ir H Amin Fauzan menyebut problematika yang sering dihadapi nadzir adalah masalah sertifikat wakaf. Antara takmir masjid dan nadzir berebut tanah wakaf.
<>
Sertifikat yang ada tidak diserahkan oleh nadzir wakaf kepada pengurus masjid ataupun sebaliknya.

“Dan kalau sudah tersertifikasi wakaf yang atas nama organisasi. Yang perorangan itu dianjurkan menjadi badan hukum yang berbentuk yayasan atau organisasi. Kalau kita, atas nama Nahdlatul Ulama. Yang bisa menerima wakaf itu MWC, Cabang dan Wilayah NU,” kata H Amin saat menyampaikan Penyuluhan Wakaf bagi Nadzir yang diadakan PWNU di Kantor PWNU DIY jalan MT Haryono nomor 40-42, Sabtu (19/12) Pagi.

Wakaf yang produktif itu, lanjutnya, tidak hanya berkonotasi untuk mendirikan masjid. Tapi wakaf itu bisa dikembangkan untuk usaha. Keuntungan usaha itu dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat.

Selain itu, wakaf juga bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul seperti pesantren dan kodama.

“Justru wakaf yang bisa menghasilkan SDM yang unggul itu lebih produktif dibanding dengan hanya menghasilkan uang. Dengan mengasilkan SDM unggul terlahir generasi NU yang memiliki kapabilitas dan profesionalitas,” tegasnya.

Untuk mengakomodir itu setiap MWCNU harus memiliki Unit Pengumpul Wakaf (UPW). (Suhendra/Alhafiz K)

Bagikan:
Senin 21 Desember 2015 23:1 WIB
Kembangkan Potensi Kader, PMII Bolmong Gelar Pelatihan Jurnalistik
Kembangkan Potensi Kader, PMII Bolmong Gelar Pelatihan Jurnalistik

Bolaang Mongondow, NU Online 
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, menggelar pelatihan jurnalistik di Sekretariat PMII Jl. Amal Kelurahan Mogolaing Kecamatan, Kotamobagu Barat Sabtu-Ahad (19-20/12).
<>
Menurut Ketua PMII Cabang Bolmong Inca Ing Bangki kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan potensi kader di bidang jurnalistik untuk transformasi pengetahuan.

"Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik, diharapkan tidak hanya sampai berakhir di sini, tetapi setelah ini dapat belajar lebih giat lagi sebagai bekal kita untuk ke depannya," ungkapnya pada pembukaan pelatihan tersebut.

Sekitar 15 peserta kegiatan tersebut sangat antusias mengikuti Pelatihan jurnalistik yang baru pertama kali diselenggarakan oleh PMII Cabang Bolmong. Para pemateri adalah para alumnus organisasi tersebut yang berprofesi sebagai jurnalis di media lokal maupun regional Sulut.

Para pemateri itu adalah Yokman Muhaling (PC GP Ansor Kotamobagu), Supardi Bado (PC GP Ansor Kotamobagu), Andhika Dawangi (Alumni PMII Cabang Tondano)  dan  Amir Halatan.

Supardi Bado berharap kegiatan tersebut tidak hanya sekali saja agar potensi-potensi kader PMII di bidang jurnalistik bisa berkembang maksimal. (Udi Masloman/Abdullah Alawi)

Senin 21 Desember 2015 22:1 WIB
Supardi Siap Majukan GP Ansor Sulut
Supardi Siap Majukan GP Ansor Sulut

Kotamobagu, NU Online
Jelang Konferensi wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Utara yang akan digelar Rabu (23/12) mendatang, beberapa kandidat mulai mencalonkan diri sebagai Ketua PW Ansor. Salah satunya Supardi Bado, kader Ansor yang diusung melalui rapat Pimpinan Cabang Kotamobagu.  
<>
Menurut Supardi Bado, sikapnya untuk maju tergerak karena keinginannya untuk menjadikan Ansor sebagai barisan terdepan mengawal kerukunan antarumat beragama yang selama ini terjaga di daerah Sulawesi Utara.
 
“Dengan dukungan dari beberapa cabang menjadi modal utama. Karena Sahabat-sahabat mendorong saya untuk maju adalah bentuk kepercayaan, maka insyaallah saya siap,” kata mantan Ketua Bidang Advokasi Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Manado periode 2003-2005.  

Pemimpin Redaksi Media Totabuan ini berjanji akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan Benny Rhamdani. Berkat kepemimpinannya, GP Ansor Sulawesi Utara eksis dan maju.

Kesiapan untuk mendukung Supardi Bado bertarung sebagai calon ketua dalam Konferwil Sulawesi Utara pun ditunjukkan pengurus PC Ansor Kotamobagu, Hamri Mokoagow.

“Sahabat Supardi Bado sangat layak memimpin GP Ansor Sulut kedepan. Kami siap mengawal, dan agenda PC Ansor Kotamobagu untuk memenangkan beliau, akan kami maksimalkan,” ujar Hamri. (Udi Masloman/Abdullah Alawi)

Senin 21 Desember 2015 21:6 WIB
LP Ma’arif Bondowoso Siap Gelar Perkemahan Pramuka NU
LP Ma’arif Bondowoso Siap Gelar Perkemahan Pramuka NU

Bondowoso, NU Online
Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama Ma'arif Kabupaten Bondowoso akan menyelenggarakan kegiatan perkemahan pada 25-27 Desember 2015 di Jl. Cermee Bumi Perkemahan.
<>
Ketua Panitia kegiatan, Muhammad Thoyib mengatakan, perkemahan tersebut akan diikuti Gugus Depan (gudep) pangkalan Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Bondowoso. Setiap gudep mengirimkan peserta 12 putra dan 12 putri.

Menurut dia, total jumlah peserta sekitar 720 orang. “Jika nantinya ada penambahan dari kuota yang diharapkan kami terbuka dengan senang hati menerima," tambahannya kepada NU Online Ahad (20/12).

Tujuan kegiatan ini, lanjut dia, sebagai media berkumpul dan berkegiatan bersama antar -Pramuka Penggalang MTs atau SMP NU se-Kabupaten Bondowoso. Juga meningkatkan pengetahuan bagi generasi muda terhadap gerakan Pramuka. Serta mengimplementasikan perkemahan Ma'arif NU tahun 2015 sebagai sarana pendidikan bela negara dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme.

Persiapan
Persiapan perkemahan dilaksanakan pada hari Ahad pukul 07:00 WIB sampai siang di Bumi Perkemahan Cermee yang dihadiri Ketua LP Ma'arif Kabupaten Bondowoso Dr. H. Moh. Syaiful Bahar beserta jajarannya.

Moh. Syaiful Bahar melakukan pengamatan Bumi Perkemahan Cermee. Kemudian bersama Ketua Panitia, Thoyib, melakukan rapat koordinasi di aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cermee yang tidak jauh dari lokasi perkemahan.

Pada kesempatan itu, ia Syaiful Bahar mengatakan, kegiatan perkemahaan ini akan menjadi agenda rutinan tiap tahun atau menjelang hari lahirnya NU.

“Insyaallah  tiga hari belakang ini dari data yang masuk ada sekitar 35 lembaga utusan yang akan hadir dimana terbagi menjadi dua regu yaitu putra dan putri sehingga total menjadi 70 regu putra dan putri," tambahnya.

Kemudian ia mengemukakan siapa saja yang hadir pada kegiatan terseebut. Pada pembukaan perkemahan, Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan hadir yaitu: Bupati Bondowoso. H. Amin Said Husni, Wakil Bupati Bondowoso yang sekaligus sebagai Kwartir Cabang (Kwarcab) Bondowoso KH Salwa Arifin dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso H. Ahmad Dhafir. (Ade Nurwahyudi/Abdullah Alawi)

LP Ma’arif Bondowoso Siap Gelar Perkemahan Pramuka NU
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG