IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Ini Makna Gunungan Jaler-Estri di Grebek Mulud Surakarta


Jumat 25 Desember 2015 17:01 WIB
Bagikan:
Ini Makna Gunungan Jaler-Estri di Grebek Mulud Surakarta

Solo, NU Online
Puncak perayaan Sekaten ditandai dengan acara Grebek Mulud di halaman Masjid Agung Surakarta, Kamis (24/12). Ribuan warga yang hadir, ikut memperebutkan gunungan yang menjadi simbol prosesi ini.<>

Digelar sejak abad ke-14, tradisi Grebek Mulud Keraton Solo seakan tak lekang oleh zaman. Grebek untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW itu tetap menjadi magnet bagi masyarakat.

Dua pasang Gunungan Jaler-Estri dan empat Gunungan anakan dikirab mulai dari Keraton Solo melewati Sithinggil menuju Masjid Agung Solo. Kirab Gunungan itu keluar dari Keraton melalui Kori Kamandungan sekitar pukul 10.30 WIB.

Pengageng Kusumawa Wandawa Keraton Solo, KGPH Puger mengatakan, kirab Gunungan Jaler-Estri dalam Grebek Mulud menggambarkan keberadaan laki-laki dan perempuan yang kemudian melahirkan keturunan. “Maknanya, laki-laki dan perempuan ini menggambarkan kelahiran Nabi Muhammad SAW.” terang Puger.

Sebelum acara gunungan sekaten dimulai, masyarakat sudah memenuhi depan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekitar pukul 07.30 WIB. Mereka menunggu acara puncak gunungan Sekaten di depan Masjid Agung.

Puger menambahkan, pengunjung yang hadir tidak hanya datang dari kalangan warga desa, tetapi juga golongan menengah ke atas. “Tadi pagi saya banyak menemui orang dari kalangan berbeda-beda, sekarang sekaten mulai digandrungi  kembali, dukungan masyarakat diperlukan untuk nguri-uri budaya adat Jawa ini,” kata dia.

Grebek Mulud merupakan tradisi yang diadakan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad saw. Selain di Solo, tradisi ini juga diadakan di Yogyakarta dan Demak. (Ajie Najmuddin/Fathoni)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG