IMG-LOGO
Nasional

JK: Banyak Pengalaman Berharga Bersama Gus Dur di Pemerintahan


Senin 28 Desember 2015 16:01 WIB
Bagikan:
JK: Banyak Pengalaman Berharga Bersama Gus Dur di Pemerintahan

Jombang, NU Online
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) saat menghadiri perhelatan Haul Ke-6 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang mengaku dirinya memiliki hutang budi pada mantan Presiden Ke-4 RI itu. Hal ini terurai dari sebagian isi pidatonya di depan ribuan jamaah haul Gus Dur.<>

Ia memaparkan berbagai pengalaman berharganya disaat Gus Dur menjabat sebagai Presiden. Bahkan JK pernah diangkat menjadi salah satu kabinet kerjanya. "Saat saya menjadi menteri, banyak pengalaman berharga saat membantu beliau dalam kabinet, walaupun waktunya sangat singkat," katanya saat mengawali pidatonya, Sabtu (26/12).

Selain itu JK mengajak kepada warga masyarakat untuk terus meneladani dan meneruskan perjuangan-perjuangan Gus Dur. Menurutnya,  selain Gus Dur adalah sosok kiai yang berkharisma, juga salah satu Presiden Indonesia yang sangat berpengaruh untuk membangun bangsa lebih rukun dan mencintai perbedaan. "Yang tidak kalah penting, kita harus melanjutkan cita-cita almarhum," ujarnya.

JK tidak panjang lebar menyampaikan sambutannya, tak sampai 10 menit usai memberikan sambutan ia meninggalkan area Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Setelahnya dilanjutkan dengan pembacaan tahlil bersama dan pengajian akbar oleh KH Jamaludin dari Pesantren Tambakberas Jombang.

Selain dihadiri Wapres JK, haul Gus Dur ini juga dihadiri sejumlah menteri kabinet Jokowi seperti Menakertrans, Hanif Dhakiri, serta beberapa menteri lainnya, Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, Gubernur dan Wagub Jatim, dan tokoh agama juga hadir di haul cucu pendiri NU Hadratus syaikh Hasyim Asy'ari ini. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Bagikan:
IMG
IMG