IMG-LOGO
Internasional

Jerman Rekrut Tenaga Baru untuk Ajari Pengungsi Anak

Selasa 29 Desember 2015 7:5 WIB
Bagikan:
Jerman Rekrut Tenaga Baru untuk Ajari Pengungsi Anak

Berlin, NU Online
Jerman merekrut 8.500 orang untuk mengajar pengungsi anak-anak di negeri itu, sementara pemerintah memperkirakan arus pendatang baru akan menambah jumlah pengungsi melebihi jutaan orang pada 2015, kata harian terkemuka Jerman, Die Welt, Ahad.
<>
Sebanyak 196.000 anak-anak ikut lari dari perang dan kemiskinan menuju Jerman, yang pada tahun ini mendirikan 8.264 "kelas khusus" untuk membantu pendatang tersebut agar dapat mengikuti anak-anak sebayanya, kata Die Welt, mengutip hasil penelitian dari 16 negara bagian di Jerman.

"Sekitar 8.500 guru tambahan direkrut secara nasional," kata Die Welt.

Menurut pihak berwenang di bidang pendidikan Jerman, sekitar 350.000 anak-anak usia sekolah memasuki Uni Eropa pada 2015 dalam gelombang pengungsi, yang terburuk sejak Perang Dunia II.

Jerman memperkirakan sejuta orang akan mencari suaka ke negeri tersebut, lima kali lipat jika dibandingkan dengan pencari suaka pada 2014, dan menyiapkan kemampuannya untuk memberikan pelayanan kepada seluruh pendatang baru itu.

"Sekolah dan pendidikan tidak pernah bertentangan dengan tantangan seperti ini," kata Brunhild Kurth, kepala Pendidikan, kepada "Die Welt".

"Kita harus menerima situasi perkecualian seperti ini yang akan menjadi biasa untuk jangka waktu yang panjang," katanya.

Heinz-Peter Meidinger, ketua serikat guru mengatakan bahwa sebenarnya Jerman memerlukan tambahan lebih dari 20.000 pengajar untuk memenuhi kebutuhan.

"Sampai dengan musim panas mendatang, paling lambat, kesenjangan itu dapat teratasi," katanya. (Antara/Mukafi Niam)

Bagikan:
Ahad 27 Desember 2015 11:0 WIB
Dua Kader PMII UNJ Presentasi Daya Saing Global di Malaysia
Dua Kader PMII UNJ Presentasi Daya Saing Global di Malaysia

Jakarta, NU Online
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) baru saja mengikutsertakan empat mahasiswanya untuk mengikuti konferensi internasional di Malaysia. Empat mahasiswa tersebut adalah Citra Rizky Utami, Donna Wibiananda Suryaman, Ratu Nabila  Saras Putri dan Siska Lumban Gaol.  
<>
Citra Rizky dan Donna Wibiananda merupakan kader Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UNJ. Keduanya berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya pada Kuala Lumpur International Business, Economics, and Law Conference (KLIBEL8) tersebut yang mengusung tema “Perspectives of Business, Economics and Law in the New Frontier”.

Kedua kader PMII itu presentasi dalam bahasa Inggris di forum internasional yang diselenggarakan pada 12-13 Desember 2015, di Hotel Putra, Kuala Lumpur. Citra Rizky mempresentasikan penelitian mengenai “The Dynamic Configuration of Global Competitiveness in ASEAN “ dan  Donna Wibiananda mempresentasikan “Interaction Between Labor Market Efficiency and Business Sophistication in Dynamic Global Competitiveness in Southeast Asia”.  

Selain menambah pengalaman, ajang internasional tersebut juga menjadi langkah memperluas jaringan para kader PMII di level internasional. Mereka juga menyuguhkan berbagai persoalan dan perspektif seputar masa depan masyarakat Asia, khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (Red: Mahbib)

Ahad 27 Desember 2015 1:3 WIB
PCINU Sudan Sambut Maulud Nabi Muhammad SAW
PCINU Sudan Sambut Maulud Nabi Muhammad SAW

Khartoum, NU Online
Gema sholawat serempak bersenandung di Sudan pada pengajian akbar memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pembacaan maulid simtudduror di halaman gedung KBRI Khartoum mengawali maulid yang diselenggarakan PCINU Sudan, Jum'at (25/12) sore.
<>
Tampak hadir puluhan teman-teman mahasiswa, para bapak dan ibu pekerja juga duta besar untuk Sudan dan Eritrea beserta staf-stafnya.

"Kami mencoba mengajak semua hadirin untuk menumbuhkan rasa cinta lebih dalam kepada baginda Nabi Muhammad karena rasa cinta ini merupakan kunci utama dalam meneladani akhlak Beliau," kata Ketua Panitia Maulid Akhyarudin.

Pengajian ini menitikberatkan pada keharusan bagi seorang mukmin untuk mencintai nabi. Sebab  orang yang benar-benar mukmin ialah orang yang mencintai nabi melebihi dirinya sendiri.

"Sahabat Bilal merupakan salah satu muadzin pada masa Rasulullah, tapi semenjak Rasulullah wafat ia tidak mau mengumandangkan adzan. Karena saking cintanya kepada nabi ia tidak kuat sampai meneteskan air mata jika melafalkan, 'asyahdu anna muhammadar rasululullah'," terang Muhammad Jamaluddin.

Pengajian ini diakhiri dengan doa bersama dan sholat maghrib berjamaah. Usai sembahyang mereka menikmati hidangan yang disediakan oleh panitia. (Rahmansyaf/Alhafiz K)

Ahad 27 Desember 2015 0:1 WIB
KBRI Damaskus Peringati Maulid Nabi SAW
KBRI Damaskus Peringati Maulid Nabi SAW

Damaskus, NU Online
KBRI Damaskus menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1437 H dengan tema,”Membangun Mental Kerja Melalui Spirit Nabi Muhammad SAW” . Peringatan dihadiri sekitar 70 orang, terdiri dari staf (home staff dan local staff) KBRI, para mahasiswa Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), serta sejumlah TKW pada shelter KBRI Damaskus.
<>
Acara pada pada hari Rabu, 23 Desember 2015 dibuka dengan pembacaan aya-ayat suci Al-Qur’an oleh Firman Manzili. Lalu pembacaan Barzanzi (sejarah singkat Nabi Besar Muhammad SAW) yang dipimpin Amiruddin Thamrin. Serta ceramah tentang hikmah peringatan Maulid yang  disampaikan Saifannur.

Saifannur menjelaskan betapa besar cinta Rasulullah SAW kepada umatnya. Karenanya sudah sepatutnya bagi umat untuk merespon cintanya dengan meneladani perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara sambutan Dubes Djoko Harjanto mengatakan, tahun ini kebetulan memperingati 2 hari kelahiran Nabi yang diimani yaitu Nabi Muhamad SAW dan Nabi Isa AS dalam waktu yang berdekatan.

Dubes juga menekankan pentingnya ajaran yang dibawa oleh baginda Nabi Besar Muhammad agar diteladani yaitu perilaku teloransi, utamanya tolerasi beragama, bermasyarakat dan beradat istiadat dalam kehidupan bermasyarakat.

“Sebagai umat beragama marilah kita teladani karakteristik Rasululullah SAW terutama dari segi toleransi terhadap pihak lain, tidak boleh merasa benar sendiri, dimana hal tersebut dalam rangka menjaga tatanan kehidupan bermasyarat yang  baik dan untuk menciptakan kerukunan antara umat beragama”, demikian ditekankan Dubes Harjanto.  

Bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2015, Dubes menekankan pentingnya Peringatan Hari Ibu sebagai penghormatan terhadap kaum wanita dan pentingnya peran yang dimainkan oleh seorang ibu dalam menciptakan generasi yang baik. Acara ditutup dengan pembacaan doa dipimpin oleh Fuadi Fauzi.

Peringatan Maulid Nabi SAW berlangsung semarak, penuh kekeluargaan serta khidmat.  Acara juga dimeriahkan dengan penampilan lagu-lagu anashid (pujian-pujian terhadap Nabi Muhammad SAW) yang ditampilkan oleh teman-teman dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Damaskus. (Red: Abdullah Alawi)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG