IMG-LOGO
Daerah

IPNU Bangkalan Gencar Aktifkan Belasan Anak Cabang

Kamis 31 Desember 2015 9:0 WIB
Bagikan:
IPNU Bangkalan Gencar Aktifkan Belasan Anak Cabang

Bangkalan, NU Online
Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Uama (IPNU) Kabupaten Bangkalan kembali merealisasikan program prioritasnya, yaitu pembentukan dan pengaktifan Pimpinan Anak Cabang (PAC ) IPNU se-Kabupaten Bangkalan.
<>
Sebelumya, Pimpinan Cabang IPNU Bangkalan telah  melantik PAC IPNU Mancengan dan PAC IPNU Kecamatan Burneh. Sekarang, PC IPNU Bangkalan menjamah IPNU di Bangkalan bagian utara yang sudah tiga tahun vakum, tepatnya di Kecamatan Tanjungbumi.

PC IPNU Bangkalan dalam periode kepengurusan ini sudah membentuk dan mengaktifkan 12 PAC IPNU se-Kabupaten Bangkalan. Sehingga, kini jumlah PAC IPNU yang aktif di Kabupaten Bangkalan ialah 16 dari 20 PAC di kabupaten di ujung paling barat Pulau Madura ini.

“Kalau anda ingin melihat wajah NU di masa depan, maka lihatlah kader IPNU dan Ansor masa kini. Kalau IPNU hari ini tidak mengader dan tidak melaksanakan amanat organisasi yang telah ditentukan PP IPNU Pusat, maka bisa dipastikan wajah NU yang akan datang tidak jauh dari yang kita lihat saat ini.  Karna hal tersebut, PC. IPNU Bangkalan  merealisasikan programnya setapak demi setapak untuk menuai hasil yang maksimal,”  ujar Ketua PC IPNU Bangkalan Mahsus R HM, Selasa (29/12).

Ia berharap Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Kecamatan Tanjungbumi turut membina, membimbing, dan memberi motivasi kepada pengurus terpilih agar melaksanakan program-program yang sudah dicanangkan di rapat kerja.

Terpilih pada acara tersebut Ach Muharram sebagai ketua PAC IPNU Tanjungbumi masa khidmah 2015-2017. Muharram mengharap kepada semua elemen yang hadir mau membimbingnya untuk menghidupkan kembali PAC IPNU Tanjungbumi dan kembali meramaikan khazanah ke-IPNU-an di kalangan pelajar di Kecamatan Tanjungbumi.

“Dan juga saya berharap kepada rekan-rekan yang hadir dan terseleksi sebagai pengurus PAC IPNU Tanjungbumi agar mau berperan aktif agar dapat menyusul rekan-rekan PAC yang lain yang telah terlebih dahulu aktif. Tanpa kalian, saya tiada arti,” tuturnya. (Nurul Huda/Dedi Hermanto/Mahbib)

Bagikan:
Kamis 31 Desember 2015 23:0 WIB
PW Ansor Jateng Imbau Kader Jaga Ketertiban Malam Tahun Baru
PW Ansor Jateng Imbau Kader Jaga Ketertiban Malam Tahun Baru

Solo, NU Online
Momentum pergantian tahun baru 2016, yang biasanya diperingati masyarakat dengan berbagai perayaan, memungkinkan terjadinya tindakan yang akan mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.<>

Untuk itu, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Jawa Tengah mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dengan mengimbau para kadernya untuk turut aktif dalam menjaga kondusifitas masyarakat.

“Dalam kaitannya dengan menghadapi pergantian akhir/awal tahun baru, kader Ansor-Banser Jawa tengah diharapkan ikut aktif mencegah terjadinya berbagai tindak kerawanan yang akan mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat,” kata Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Ikhwanudin, kepada NU Online, Selasa (29/12) lalu.

Keterlibatan kader Ansor-Banser dalam momentum tersebut, menurut pria asal Batang tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya hal yang mengganggu keamanan masyarakat.

Selain itu, Ikhwan juga berpesan agar masyarakat dan kader Ansor tidak mudah terprovokasi dan bertindak main hakim sendiri, dengan adanya isu terompet yang berbahan sampul Al-Quran.

“Umat Islam harus waspada dengan upaya-upaya pihak yang tidak bertanggung jawab dengan cara-cara menghasut dan membuat resah ummat. Terhadap semua hal tersebut, dimohon untuk tidak main hakim sendiri,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta kepada kepolisian untuk tidak menganggap kasus terompet sebagai hal sepele dan melakukan pembiaran tanpa ada proses hukum yang jelas.

“Mengingat kasus semacam ini sudah terjadi berulang kali dan berpotensi menyulut kemarahan ummat Islam. Aparat kepolisian mesti bertindak tegas mengusut kasus terompet maupun kasus lainnya yang sejenis, mengungkap motifnya serta menindak secara hukum,” kata Ikhwan. (Ajie Najmuddin/Mahbib)

Kamis 31 Desember 2015 21:3 WIB
Tahun Baru di Lampung, Tahlil dan Istighotsah Gantikan Pesta Kembang Api
Tahun Baru di Lampung, Tahlil dan Istighotsah Gantikan Pesta Kembang Api

Jakarta, NU Online
Keputusan Gubernur Lampung Ridho Ficardo dalam menyambut tahun baru 2016 berbeda dari putusan gubernur lainnya. Gubernur muda ini memutuskan untuk mengganti acara pesta kembang api yang biasa dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya dengan tahlilan dan istighotsah.
<>
Penyambutan tahun baru yang dibarengkan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW diadakan di Mahan Agung, Lampung, Kamis (31/12) siang.

Hal ini dilakukan karena menurutnya anggaran APBD lebih baik digunakan untuk pembangunan mental ketimbang perayaan. "Besok ada pengajian saja, istighotsah di rumah dinas, Mahan Agung, tidak ada acara," kata Ridho sebagaimana dikutip di tribun lampung.com, Rabu (30/12).

Menurutnya, Lampung saat ini tengah gencar melakukan pembangunan. Karena itu, anggaran APBD diprioritaskan untuk hal yang lebih penting.

"Posisi Lampung sekarang sedang membangun, saya pikir tidak baik melakukan acara yang menghamburkan uang rakyat, memang ada saatnya kita melakukan perayaan, seperti acara HUT Kemerdekaan, atau HUT Pemda, dan lainnya. Tetapi tidak perlu terlalu banyak perayaan, karena anggaran digunakan untuk pembangunan demi efisiensi anggaran," kata Ridho.

Ia menambahkan bahwa malam pergantian tahun lebih baik dimanfaatkan untuk hal yang positif. Karenanya ia mengimbau masyarakat yang merayakan tahun baru tidak berlebihan.

"Jika ingin melakukan perayaan, lebih baik yang bermanfaat bagi orang banyak, jauh dari hura-hura. Mari di malam tahun baru nanti kita berdoa semoga Provinsi Lampung semakin maju dan sejahtera," pungkasnya. (Red Alhafiz K)

Kamis 31 Desember 2015 20:2 WIB
Hadapi Tantangan Zaman, GP Ansor Harus Kreatif
Hadapi Tantangan Zaman, GP Ansor Harus Kreatif

Way Kanan, NU Online
Ketua PCNU Way Kanan KH Nur Huda mengajak pemuda Ansor untuk mengambil cara kreatif dalam mengatasi tuntutan zaman. Di tengah kemunculan kelompok-kelompok yang menyerang NU, GP Ansor justru diharapkan menunjukkan pendekatan akhlak.
<>
"Hal itu harus membuat pemuda NU untuk bisa kreatif, menghadapi tantangan zaman dengan kreativitas sehingga bisa melawan pihak-pihak yang ingin menghancurkan NU, menghancurkan Indonesia dengan cara-cara yang jauh dari anarkis karena kita adalah Islam Nusantara, Islam yang rahmatan lil alamin," kata Kiai Nur Huda di Blambangan Umpu, Rabu (31/12).

PCNU Way Kanan mendukung gerakan maju GP Ansor. "Saya mengapreasi kegiatan pemuda Ansor Way Kanan di bidang ekonomi seperti penjualan madu dan membuat kopi jamu. Itu suatu upaya tepat mengingat Ansor adalah badan otonom NU yang tidak bergaji," ujar alumni Pesantren Tebu Ireng, Jombang.

Di bidang pendidikan, GP Ansor Way Kanan yang dipimpin alumni Civic Education for Future Indonesian Leaders (CEFIL) Gatot Arifianto gelar Ratu Ulangan juga telah berbuat riil mampu mendorong lima pelajar masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan mendapatkan beasiswa.

"Ini sangat kita banggakan karena dengan begitu Ansor telah menelurkan kader-kader NU yang pendidikannya semakin baik," kata dia lagi.

Di bidang pengaderan, GP Ansor Way Kanan juga senantiasa melakukannya melalui PKD Ansor dan Diklatsar Banser.

"Termasuk dalam kegiatan sosial dan jaringan, GP Ansor Way Kanan juga luar biasa. Kemarin bekerja sama dengan Yayasan Shuffah Blambangan Umpu dan bisa berbagi dua ekor sapi bagi warga NU di Kecamatan Kasui dan Pakuan Ratu. Kreativitas semacam ini diperlukan pemuda NU untuk menghadapi tantangan zaman," demikian KH Nur Huda. (Syuhud Tsaqafi/Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG