PERGURUAN TINGGI NU

Pemkab Sinjai Gandeng UIM Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Makassar, NU Online
Salah satu perguruan tinggi NU, Universitas Islam Makassar (UIM) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, mengadakan Tudang Sipulung dalam rangka Peningkatan Produksi dan Produktivitas menuju Swasembada Pangan, 30-31 Desember, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kabupaten Sinjai.
<>
Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Sinjai H Sabirin Yahya. Peserta bejrumlah sekitar 300 orang yang terdiri dari para camat se-Kabupaten Sinjai, kepala desa se-Kabupaten Sinjai, para penyuluh pertanian Sinjai, dan kelompok tani.

Rektor UIM yang juga Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi NU Sulsel Dr Majdah M Zain dalam kuliah umumnya menyampaikan komitmen UIM dalam membangun sektor pertanian. Menurutnya, hal ini sejalan dengan beberapa program studi UIM yang konsen dalam bidang pertanian.

Majdah bersyukur saat ini kurang lebih 200 alumni S1 dan S1 UIM bidang pertanian telah mengabdikan dirinya terhadap Kabupaten Sinjai untuk memajukan pertanian. Bahkan, katanya, saat ini sejumlah alumni mengabdikan dirinya di Kabupaten Sinjai, di antaranya sebagai Kepala BP4K (Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan) Sinjai.

"Di sisi lain saat ini UIM sedang menjajaki kerja sama dengan 4 kementerian yakni, Kementerian Sosial, Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemuda dan Olahraga, serta Pertanian untuk membangun program 5 Bina bagi desa di Sulawesi Selatan, yaitu Bina Akhlak, Bina Ukhuwah, Bina Sinergi, Bina Dana, serta Bina Produk dan Pasar," tambahnya.

Ia menjelaskan, program 5 Bina ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi masyarat desa dalam hal pembangunan moralitas,  persatuan, sinergitas, pembangunan perekonomian, melalui baitul mal, dan pembangunan produktivitas untuk berdaya saing menghadapai Masyarakat Ekonomi ASEAN. “Tentunya harapan kami, UIM mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat Sinjai dengan program 5 Bina ini," ungkapnya.

Turut hadir Wakil Bupati Sinjai H Andi Fajar Yanwar, Kapolres, Dandim, Direktur Pascasarjana UIM Dr Nurul Fuadi, Asdir I PPs UIM Dr Suardi Bakri, dan Ketua Prodi Ilmu Pertanian S2 Dr Helda Ibrahim. (Andy Muhammad Idris/Mahbib)

BNI Mobile