IMG-LOGO
Daerah

Sebabkan Sawah Banjir, Banser Turun Tangan Atasi Tanggul Jebol


Senin 4 Januari 2016 18:03 WIB
Bagikan:
Sebabkan Sawah Banjir, Banser Turun Tangan Atasi Tanggul Jebol

Jombang, NU Online
Ratusan hektar lahan pertanian di Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang terendam banjir, hal ini disebabkan jebolnya sungai yang melintas di Desa Pucangsimo  karena derasnya hujan saat malam tahun baru kemarin. Puluhan pasukan Banser Bandarkedungmulyo turun ke sawah. Mereka ikut memperbaiki tanggul Sungai Pucangsimo yang jebol.<>

"Kita bantu masyarakat, memperbaiki tanggul sungai yang jebol. Karena akibat jebolnya tanggul, ratusan hektar lahan sawah yang baru ditanami terendam banjir," ujar Sony Ketua PAC GP Ansor Bandarkedungmulyo Jombang ditemui dilokasi, saat memimpin pasukan Banser, Senin (4/1).

Dikatakan Sony, akibat tanggul  sungai yang melintas di Desa Pucangsimo Bandarkedungmulyo, ratusan hektar lahan pertanian yang baru ditanami 10 hari terendam air. " Ada tiga titik tanggul sungai yang jebol, ada yang 10 meter, ada  yang 5 meter dan yang paling lebar 15 meter," tandasnya.

Salah satu penyebab, tanggul jebol dan banjir dikatakannya, adalah karena gorong-gorong yang dibuat oleh proyek Tol Mojokerto-Kertosono kurang lebar dan kurang dalam. "Kita sudah mengingtkan, ke pihak Tol, namun tidak ada tindakan, kini akibatnya petani yang merugi," imbuhnya.

Kepada Dinas Pertanian, Hadi Purwantoro mengakui bahwa akibat banjir, ratusan hektar lahan pertanian terendam. Rata rata tanaman padi baru berusia 10 -15 hari. "Kita sudah mengajukan usulan bantuan bibit ke Pemerintah Provinsi. Untuk mengganti bibit yang mati, " ujarnya  usai apel hari pertama masuk kerja di Pemda Jombang. (Muslim Abdurrahman/Fathoni)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG