PCINU Sudan Peringati Harlah NU ke-90

Rangkaian kegiatan peringatan harlah NU ke-90 PCINU Sudan
Rangkaian kegiatan peringatan harlah NU ke-90 PCINU Sudan
Rangkaian kegiatan peringatan harlah NU ke-90 PCINU Sudan
Khartoum, NU Online
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan memperingati hari lahir (harlah) NU ke-90 di Aula Wisma PCINU Sudan pada Ahad (7/2).

Pembukaan peringatan harlah yang dimulai pukul 17.30 waktu Sudan tersebut diikuti seluruh mahasiswa Nahdlatul Ulama di Sudan, Ketua PPI Sudan dan perwakilan almamater serta kekeluargaan mahasiswa. Turut hadir di dalamnya Local Staf KBRI Sudan mewakili Dubes yang berhalangan hadir.

Acara yang diketuai Muhammad Akhyaruddin ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Selanjutnya para hadirin bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin Mishbahul Mahmud sebagai dirigen.

Acara bertema “Berkhidmat kepada Umat, Berbakti kepada Negeri” ini dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Ketua Panitia Muhammad Akhyaruddin menyampaikan latar belakang pelaksanaan harlah serta menjelaskan rentetan acara yang akan dilaksanakan dalam momen besar ini.

Sambutan berikutnya disampaikan Ketua Tanfiziyah PCINU Sudan, yang mana dalam sambutannya menekanan arti penting momen harlah NU.

“Momen harlah NU ini merupakan representatif Islam moderat di Indonesia yang telah berkontribusi banyak dalam menjaga dan melestarian Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan menjaga manhaj ahlis sunnah wal jamaah,” sambungnya

Mewakili mahasiswa di Sudan, Ketua PPI Sudan pun menyampaikan dalam kesempatan ini arti penting kemoderatan dalam Islam dan muamalah yang baik antarsesama.

Dan sambutan akhir disampaikan oleh perwakilan KBRI Sudan; Asrarudin Salsm. Ia melihat bahwa NU merupakan jawaban atas perenungan panjang tokoh anak bangsa (KH Hasyim Asy’ari) yang sangat mencintai Islam dan bangsa.

“NU adalah aset bangsa dan negara, di mana NU melalui Mbah Hasyim berhasil mengawinkan antara agama dan negara dalam konteks kekontruksi sosial dan budaya,” tuturnya

Acara ini pun ditutup dengan pembacaan doa oleh Rais Syuriah PCINU Sudan. Dan dilanjutkan dengan pembacaan shalawat Barzanji.

Harlah NU ke-90 yang diselenggarakan PCINU Sudan ini merupakan wadah dakwah untuk mempersatukan umat. Beberapa rangkaian kegiatan memperingati harlah NU ke-90 adalah diskusi ilmiah mahasiswa baru, kongkow Lesbumi, pertandingan futsal, melukis, menulis esai, seminar nasional dakwah, seminar internasional, dan rihlah budaya. (Muhammad Luqman Hambali/Abdullah Alawi)

BNI Mobile