IMG-LOGO
Nasional

Menpora Dampingi Presiden Hadiri Puncak Peringatan HPN 2016


Rabu 10 Februari 2016 04:01 WIB
Bagikan:
Menpora Dampingi Presiden Hadiri Puncak Peringatan HPN 2016
Lombok Tengah, NU Online
Menpora Imam Nahrawi mendampingi Presiden Jokowi menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Kawasan Wisata Mandalika Pantai Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (9/2). Menpora mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2016, semoga karya-karya pers semakin berkualitas dan mencerdaskan rakyat.

HPN 2016 mengusung tema "Kemerdekaan Pers, Dari dan Untuk Rakyat, Pers Merdeka Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara." Sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara dan tokoh pers hadir. Yakni Ketua DPR RI Ade Komaruddin, Menko PMK Puan Maharani, Menseskab Pramono Anung, Menkominfo Rudiantara, Pemilik Media Group Surya Paloh, MNC Group Hari Tanoe, Jawa Pos Group Dahlan Iskan, Berita Satu James Riady dan yang lain.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan pers adalah fungsi kontrol sosial. "Semua bisa lihat sendiri betapa mudahnya berita beredar. Status medsos pun bisa jadi berita. Ada yang pahit seperti jamu, ada yang vitamin. Saya berpikir bagaimana agar pers membangun optimisme publik, bukan sebaliknya bikin masyarakat pesimis dan terjebak berita sensasional," ujarnya.

Jokowi menyayangkan judul-judul berita yang tidak pesimis, seperti judul berita "Indonesia Diprediksi Akan Hancur", "Kabut Asap Tidak Teratasi, Riau Terancam Merdeka", dll. "Jangan hanya bertumpu pada rating. Jika berita seperti itu diteruskan, yang muncul adalah distrust. Investasi dan arus modal akan masuk jika ada trust. Tidak ada yang lain. Kepercayaan itu yang bisa membangun adalah pers," kata Jokowi.

Menpora bergembira HPN diadakan di NTB. "Para pemuda NTB harus memanfaatkan HPN yang diisi dengan banyak program untuk mengoptimalkan potensi dan kapasitas daerah. Di tangan pemudalah bangsa ini ke depan akan makin maju dan jaya. Selamat Hari Pers, semoga karya-karya pers semakin berkualitas dan mencerdaskan rakyat," ujarnya.

HPN 2016 diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman pengembangan kewirausahaan dan perkoperasian bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia. Ada pula penganugerahan hadiah kepada pemenang lomba penulisan pariwisata dan sejumlah Bupati yang telah mengembangkan daerahnya masing-masing. Anugerah Spirit Jurnalisme diberikan kepada Karni Ilyas atas sikapnya meliburkan Indonesia Lawyer Club pada Pilpres 2014 lalu. (Hasanuddin/Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG