Filosofi Kelapa Ijo di Harlah Ketua Lesbumi Kota Tegal

Filosofi Kelapa Ijo di Harlah Ketua Lesbumi Kota Tegal
Suasana Harlah Ketua Lesbumi Kota Tegal, Atmo Tan Sidik.
Suasana Harlah Ketua Lesbumi Kota Tegal, Atmo Tan Sidik.
Brebes, NU Online
Kelapa Ijo, menjadi tema utama peringatan Hari Ulang Tahun Ketua Lembaga Seni dan Budaya Indonesia (Lesbumi) PCNU Kota Tegal, Atmo Tan Sidik Dengan mengundang koleganya, dia memperingat hari kelahirannya yang ke-55 itu sembari gendu-gendu rasa soal kelapa ijo, di Sekretariat Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes, Jl Jenderal Sudirman Brebes, Senin (22/2/16).

“Kelapa itu, mengandung beribu manfaat sebagaimana oase ditengah padang pasir,” ujar Atmo yang juga Maestro Pelestari Budaya Pantura 2015 itu.

Secara lesehan, dia mengundang Kepala Instalasi gizi RSUD Brebes SN Arina yang mengupas tentang Kelapa dan Air Kelapa Ijo. Menurut Rina, air kelapa jumlahnya berkisar antara 25 persen dari komponen buah kelapa. Didalamnya mengandung 4,7 persen padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen proten, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral.

Sementara, Penyair muda Dimas Indira Senja membacakan puisi buah kelapa. Sedangkan tokoh Brebes H Soewardi Wirjaatmadja menceritakan tentang filosofi kelapa yang mengandung banyak makna. Dari akar hingga daun kelapa memiliki manfaat yang tiada tara. “Atmo, saya harapkan seperti kelapa meskipun dia mengaku masih menjadi kelapa ijo,” ungkap Mbah Wardi, panggilan akrabnya.

Wakil Wali Kota Tegal Nur Soleh turut gembira dengan apa yang telah dilakoni oleh Atmo. Dia berada dimanapun membawa manfaat, baik di Kota Tegal maupun Kabupaten Brebes. “Termasuk di BNK, tentunya juga membawa manfaat juga,” puji Nur Soleh juga pelaku seni dan budaya di Kota Tegal.

Turut hadir mantan Wakil Wali Kota Tegal Dr Maufur yang juga mantan Rektor Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal. Kolega ATS-demikian panggilan akrabnya- tumplek blek saling gendu-gendu rasa membahas persoalan kelapa muda saling bersaut-sautan. 

Suasana tambah gayeng setelah dilakukan pemotongan tumpeng oleh ATS yang diserahkan kepada Mbah Wardi. Juga disuguhkan menu kapal burak, menu khas Kabupaten Brebes yang sangat sedap ketika disantap di siang hari.

Gendu-gendu rasa ditutup dengan suluk doa, oleh Lebe Penyair Agus Tarjono. “Selamat Ulang Tahun Mo, kelapa ijo menyehatkan atas Ridlo Allah SWT. Sehat-sehat-sehat, berkah-berkah-berkah, Amin,” pungkasnya. 

Turut hadir Sekretaris PCNU Kota Tegal dr Muslih dan Ketua KPU Kabupaten Brebes M Riza Pahlevi dan puluhan teman-teman akrab dari Brebes dan Tegal. (Wasdiun/Fathoni)

BNI Mobile