Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Internal GP Ansor Pamekasan Tegaskan Netralitas dalam Konfercab NU

Internal GP Ansor Pamekasan Tegaskan Netralitas dalam Konfercab NU
Pamekasan, NU Online
Pengurus harian GP Ansor Kabupaten Pamekasan memilih netral dalam Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU Pamekasan. Penegasan netralitas ini disampaikan Ketua GP Ansor Pamekasan Fathorrahman dalam rapat konsolidasi di kantor GP Ansor Pamekasan Jalan R Abd Aziz, Kamis (24/3) malam.

Menurut Fathorrahman, pilihan tersebut guna mencegah perpecahan di internal kepengurusan dan keanggotaan GP Ansor Pamekasan. Di samping itu, dalam rangka menghormati perbedaan politik kader GP Ansor.

"GP Ansor Pamekasan melarang keras pengurus terlibat dukung-mendukung menjelang Konfercab NU mendatang," ungkap Fathorrahman.

Sebagai ormas yang melayani dan mengayomi, pihaknya pasti netral dalam urusan politik. Termasuk politik di Konfercab NU. Apalagi Ansor juga terikat khittah NU yang tidak terlibat dalam politik.

"Khittah politik tersebut, kita awali dengan skala internal dulu, baru merambah ke eksternal atau politik di luar NU," tegas Dosen Universitas Madura tersebut.

Netralitas ini, kata Fathorrahman, juga wajib dilakukan oleh organisasi di bawah naungan Ansor seperti organisasi Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Jika di lapangan ada pengurus atau anggota Ansor yang menyatakan dukungan, kata Fathorrahman, itu hanya bersifat personal dan tidak membawa nama organisasi.

Sementara itu, Sekretaris PC GP Ansor Pamekasan, Abdul Latif, menyatakan sangat mendukung ketegasan GP Ansor Pamekasan untuk menjunjung tinggi netralitas. Jika ada kader Ansor Pamekasan yang terlibat dukung mendukung calon atas nama Ansor dalam konfercab, kata Latif, itu sudah mencederai kenetralan organisasi.

Konfercab PCNU Pamekasan sendiri bakal berlangsung Sabtu-Ahad (26/27) mendatang. Hingga berita ini diturunkan, belum ada figur yang muncul sebagai bakal calon Ketua PCNU Pamekasan periode 2018-2021. (Hairul Anam/Alhafiz K)

Posisi Bawah | Youtube NU Online