IMG-LOGO
Daerah

Tahun Kedua, KBIH NU Indramayu Jaring 340 Calhaj


Sabtu 26 Maret 2016 07:01 WIB
Bagikan:
Tahun Kedua, KBIH NU Indramayu Jaring 340 Calhaj
Logo KBIH NU Indramayu
Indramayu, NU Online
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Nahdlatul Ulama Kabupaten Indramayu, Jawa Barat menggelar upacara pembukaan manasik haji bagi calon jamaah haji tahun 2016 di Kantor PCNU Indramayu akhir pekan lalu. Acara tersebut diikuti ratusan calon jamaah haji, para pembimbing, pengurus PCNU Indramayu dan perwakilan Kemenag Indramayu.

Ketua PCNU Indramayu yang juga Ketua KBIH NU KH. Juhadi Muhammad menjelaskan, calon jamaah haji yang masuk dalam KBIH NU pada tahun 2016 ini berjumlah 340 orang yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Indramayu.

“Tahun 2016 ini KBIH Nahdlatul Ulama Indramayu merupakan tahun kedua sejak KBIH NU didirikan pada tahun 2015 yang lalu,” katanya melalui siaran pers yang diterima Jumat (25/3).

Ketua PCNU Indramayu menambahkan, antusiasme warga NU yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun 2016 sangat tinggi terhadap kehadiran KBIH NU yang notabene milik NU.

Karenanya, PCNU optimis KBIH baru tersebut akan mampu bersaing dengan KBIH lain yang selama ini sudah eksis di Indramayu.


“Salah satu alasan kenapa NU mendirikan KBIH sendiri adalah karena permintaan dari warga NU. oleh karenanya kami menyakini KBIH milik NU ini akan maju dan berkembang serta mampu menghantarkan para calon jamaah haji menjadi haji yang mabrur,” ujar KH. Juhadi Muhammad.

Dikatakan, sampai saat ini kepengurusan KBIH NU sudah ada di beberapa kecamatan dan diharapkan pada tahun 2016 ini sebanyak 31 kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu.

“Kepengurusan KBIH NU diharapkan tahun ini sudah terbentuk semua di seluruh kecamatan sehingga pada tahun 2017 mendatang akan semakin banyak calon jamaah haji yang bergabung ke KBIH NU,” tutur Ketua PCNU.

Bimbingan manasik haji akan digelar sebanyak sepuluh kali pertemuan sampai dengan tanggal 22 Mei 2016 dengan berbagai materi yang sudah disiapkan. “Para pembimbing di KBIH NU memiliki kualifikasi yang sangat mumpuni, karena diisi oleh para kiyai yang memiliki basis keilmuan dan pengalaman lapangan di tanah suci, sehingga warga NU yang akan melaksanakan ibadah haji akan mampu menguasai manasik haji serta berbagai pengetahuan lainnya,” pungkas KH. Juhadi Muhammad.

Sementara itu Ketua PC Lakpesdam NU Indramayu yang juga menjadi Wakil Sekretaris KBIH NU, Iing Rohimin menjelaskan, hadirnya KBIH NU adalah untuk menjawab kebutuhan warga NU yang menginginkan adanya KBIH yang betul-betul dikelola oleh pengurus NU Indramayu serta memberikan keuntungan kepada PCNU secara keorganisasian.

“Di KBIH NU telah dibuat peraturan yang jelas terutama untuk kepentingan pengembangan PCNU dan seluruh MWC, sehingga ketika warga NU bergabung dengan KBIH ini jelas-jelas telah membantu pengembangan Nahdlatul Ulama di Kabupaten Indramayu,” ujar Iing. (Red: Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG